» » » YLBK : Pelayanan Puskesmas perlu ditingkatkan

SJO MAJALENGKA - Puskesmas sebagai salah satu salah satu instansi pemerintah yang berperan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja atau mutu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat serta mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat. Dalam hal ini Yayasan lembaga bantuan konsumen (YLBK) Majalengka melakukan survey terhadap Puskesmas sebagai tempat masyarakat kabupaten Majalengka untuk mendapat pelayanan kesehatan.

Dede Ariyana, Ketua YLBK Majalengka mengatakan, kegiatan survey ini dilakukan sebagai bentuk harapan masyarakat akan peningkatan kualitas mutu pelayanan puskesmas dalam memberikan
pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.

"Puskesmas itu harus dapat membuat kemudahan dan kesederhanaan prosedur pelayanan tanpa mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan. Hal ini termasuk dalam peningkatan mutu pelayanan" paparnya, Kamis (15/10).

Layanan Puskesmas selama ini dianggap seperti halnya pemberi layanan publik lainnya sebagai layanan yang tidak bermutu. Masyarakat menganggap datang ke Puskesmas karena tidak ada pilihan lain. Bahkan bagi masyarakat miskin, mungkin merupakan satu-satunya pilihan untuk mendapatkan layanan dengan biaya relatif sangat terjangkau.

Anggapan tersebut seharusnya menjadi tantangan dan peluang bagi Puskesmas untuk mulai mendefinisikan mengenai mutu layanannya dan menerapkannya, guna menjawab tantangan dan peluang yang muncul karena perubahan – perubahan lingkungan yang luar biasa tersebut.

"para surveyor YLBK Majalengka dalam melakukan tugasnya sebagai penyampaian kritik, saran dan harapan pada puskesmas Se Majalengka untuk meningkatkan kulitas pelayanannya dan diharapkan puskesmas pun tidak hanya menerima kritik dan saran semata dari masyarakat tapi mampu merealisasikan yang menjadi harapan masyarakat dalam menggunakan fasilitas pelayanan puskesmas di kabupayen majalengka" tandasnya.(Ars)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: