» » » Woow !! Di Suriname Satu Baju Kebaya Buatan Depok, Dibandrol 15 - 20 Juta Rupiah


Foto : Indofair 2016, Gerbang Layangkan Produk Jabar di Suriname.(R)

SJO BANDUNG – Indofair, sebuah ajang pameran produk-produk asal Indonesia dan penampilan kesenian tradisional Indonesia di Suriname, Amerika Selatan, akan menjadi pintu gerbang produk lokal Jawa Barat untuk bersaing di tingkat internasional. Acara tahunan ini digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Suriname dan Komunitas Masyarakat Jawa Suriname atau Vereniging Herdenking Javaanse Immigratie (VHJI).

Ditemui usai audiensi di Gedung Sate Bandung, Sabtu (24/10), Duta Besar RI untuk Suriname Dominicus Supratikto mengundang Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk berpartisipasi pada Indofair ke-16, yang rencananya akan diselenggarakan pada akhir September hingga awal Oktober tahun 2016 mendatang, di Kompleks Sana Budaya, Kota Paramarimbo, Suriname.

Supratikto memaparkan, potensi Jawa Barat untuk melebarkan pemasaran produk lokalnya di Suriname sangat terbuka, mengingat permintaan busana pernikahan asal Depok cukup diminati disana.

“Pakaian pernikahan asal Depok, Jawa Barat, cukup diminati warga Suriname. Kemarin permintaannya (pesanan) mencapai belasan baju," ujar Supratikto semangat.

“Harga tiap bajunya mencapai 15 hingga 20 juta rupiah. Bayangkan keuntungan yang bisa didapat disana," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, sangat menyambut baik kesempatan emas ini. Deddy mengungkapkan, tidak hanya lewat industri handicraft dan fashion, Jawa Barat juga akan ‘menyentuh’ warga Suriname melalui kuliner-kuliner andalannya.

“Diluar masalah perdagangan, yang paling spesifik itu manufaktur dan kuliner," pungkas Deddy.

“Urusan lidah itu urusan emosional, saya kira ini bisa menciptakan kedekatan emosional”, sambungnya.

Kuliner asal Jawa Barat seperti soto, empal gentong, sate dan pecel memang telah banyak digemari di Suriname. Untuk itu, pada Indofair mendatang Jawa Barat akan memperkenalkan kekayaan rasa kuliner khas Jabar lainnya seperti sega jamblang, nasi timbel, pepes, hingga kudapan tradisional seperti dodol, colenak dan serabi.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: