» » Tumbuhkan Sadar Lingkungan, BPLHD Jabar Gagas "Gebrak Citarum"

SJO BANDUNG -- Dalam rangka menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan lingkungan, terutama berhubungan dengan air, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat menggagas sebuah kegiatan yang diberi tajuk "Gebrak Citarum", atau Gerakan Budaya Raksa Citarum.

Acara yang dihadiri langsung oleh Plh. Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ini berlokasi di Jalan Terusan Bojongsoang Kecamatan Bojongsoang Kota Bandung, Kamis (01/10/15), dengan melibatkan tak kurang dari 500 orang penggiat desa berbudaya lingkungan, penggiat dan pemerhati Citarum, seniman dan budayawan, kalangan pengusaha, tokoh agama, akademisi, hingga sekolah dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Deddy memberikan apresiasi penuh atas diinisiasinya kegiatan ini. Menurutnya, pencemaran sungai Citarum sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu, di dekat hulu sungai di Cisanti.

"Hanya beberapa jarak saja dari hulu di Cisanti, (sungai) sudah mulai tercemar", ungkap Deddy.

Deddy mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan bekerja keras membenahi sungai, disamping mengekspresikan kemarahan semata.

"Citarum tidak akan bersih dan kembali jernih hanya dengan kemarahan, meski ribuan air mata ditumpahkan ke sungai Citarum", ujar Deddy yang langsung disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Sebelumnya, Deddy melaksanakan prosesi 'awur cai cikahuripan', atau menyiramkan air bersih yang berasal dari beberapa mata air, di tepi sungai Citarum. Prosesi ini memiliki makna sebagai bukti komitmen seluruh stakeholder, dalam mengembalikan keasrian sungai Citarum hingga airnya dapat sejernih mata air yang disiramkan.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Bandung, Kepala BPLHD Jabar, Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Komunitas Lingkungan.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: