» » Tragedi Mina, Demiz Harap Pengelolaan Haji Dievaluasi

SJO BANDUNG -- Tragedi di Mina Arab Saudi pada Kamis (24/9/15) pagi mengundang rasa simpati dan belasungkawa mendalam terutama bagi keluarga yang ditinggalkan. Hingga hari ini tercatat  sedikitnya 25 orang warga Jabar menjadi korban meninggal dunia terkait peristiwa itu.

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan rasa belasungkawa yang mendalam atas terjadinya tragedi tersebut. “Saya atas nama pribadi dan Pemprov Jabar menyatakan belasungkawa dan duka yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban khususnya korban warga Jawa Barat,” ungkapnya di Rumah Dinas Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu (30/09/15).

“Semoga peristiwa ini menguatkan dan mengokohkan iman kita kepada Allah SWT, karena masalah ajal hanya ada di tangan Allah,” tambahnya.

Deddy juga mendoakan semoga yang mendapat musibah, terutama almarhum dan almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi Allah dan meninggal sebagai syuhada.

Namun demikian, untuk penyelenggaraan haji di tahun-tahun berikutnya Deddy berharap Pemerintah Saudi Arabia dapat  melakukan evaluasi dan menyelenggarakan lebih baik lagi terutama faktor keselamatan, sehingga kejadian tahun ini tidak sampai terulang di tahun-tahun mendatang. “Kita berharap dapat lebih baik bagi Jemaah Indonesia maupun jemaah negara-negara lain,” katanya.

Senin (28/9/15) lalu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang sedang melaksanakan ibadah haji menyempatkan berkunjung jamaah Kloter 61 di kawasan Syisyah.

Aher datang didampingi Asisten Kesra, Kepala Kanwil Depag, dan Kepala Biro Yansos Pemprov Jabar. Kloter ini memiliki jumlah jamaah yang terkena musibah di Mina, Kamis (24/9) lalu. Setidaknya sudah tiga orang diidentifikasi meninggal dari jumlah total 46 anggota kloter yang belum kembali sejak musibah tersebut.  

"Seiiring semangat berhaji, kami berwasiat kepada keluarga jemaah untuk senantiasa bersabar atas musibah yang tengah menimpa pada saat ini, Atas nama Pemprov Jawa Barat dan pribadi, kami menyampaikan duka yang mendalam," kata Aher, penuh haru.

Kedatangan Gubernur sendiri disambut baik para jamaah. Ini dimanfaatkan jamaah untuk menyampaikan berbagai uneg-uneg dan  usulan perbaikan dalam penyelenggaraan haji ke depan.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: