» » Sistem “Bottom Up Planning” Wadahi Aspirasi Rakyat

 

SJO SUKABUMI - Program TNI membangun desa (TMMD) ke 95 tahun 2015 dimulai, dalam program saat ini, TNI AD bekerjasama dengan Kemensos RI dan Provinsi, terutama terkait dengan kegiatan sasaran non fisik, seperti penyuluhan-penyuluhan tentang perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta pembangunan manusia dan lingkungan melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Sedangkan sasaran fisik yang dilakukan, tetap diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, dalam rangka memberdayakan masyarakat pedesaan.

Demikian amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung – jawab operasional TMMD pada upacara pembukaan TMMD ke-95 Tahun 2015 yang bacakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo pada saat menjadi Irup dalam upacara pembukaan TMMD ke – 95 di Cisolok  Pelabuhanratu Kab.Sukabumi Prov. Jawa Barat , Kamis (8/10).

Lebih lanjut dikatakannya melalui program TMMD yang tahun ini di gelar secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di wilayah tanah air, diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, sebab proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD, serta disusun dengan sistem “bottom up planning”.

Pada kesempatan tersebut Pangdam III/Siliwangi mengatakan bahwa Pembangunan sasaran fisik yang dilakukan dalam TMMD, diharapkan juga dapat membuka isolasi antar desa di daerah-daerah terpencil, pedesaan terbelakang maupun perbatasan, untuk pada gilirannya semakin meningkatkan roda perekonomian daerah.

"Diharapkan melalui program TMMD secara berkesinambungan, akan dapat terwujud ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara" ujar Pangdam

Hadir pada acara pembukaan TMMD di Sukabumi tersebut para pejabat Kodam III/Siliwangi, Pejabat Pemerintahan setempat, serta para tokoh masyarakat. (PIII)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: