» » Sejarah Gedung Bank BJB - Pejuang Pemuda Pasundan Merobek Bendera Belanda di Gedung Dennis


SJO BANDUNG - Mengenal sejarah gedung Bank BJB, dahulu bernama Gedung Dennis, dimana Peristiwa perobekan bendera Belanda dengan gagah berani dilakukan para pemuda dan pejuang Jawa Barat yang berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia menentang keberadaan penjajah Belanda di tanah pasundan.

"Merupakan tindakan berani dan cenderung nekad dari para pemuda dan pejuang Jawa Barat, dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, dan menolak keberadaan Belanda di Indonesia khususnya di tanah Pasundan ini" Demikian dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo pada amanat tertulis yang dibacakan Kasdam Siliwangi, Brigjen TNI Wuryanto S.Sos pada acara Teatrikal “Insiden Perobekan Bendera Belanda Di Gedung Denis (Bank BJB) Dan Launching “Wisata Juang Mobile” Tahun 2015, yang digelar di jalan Braga Bandung, Sabtu (17/10).

Lebih lanjut dikatakannya bahwa perjuangan merupakan perpaduan nilai, semangat dan cita-cita kemerdekaan bangsa. Karena itu, nilai hakiki dari napak tilas perobekan bendera belanda, dan launching wisata juang ini, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi kita semua sebagai anak  bangsa, terutama bagi kalangan generasi muda dalam melanjutkan perjuangan, tanpa mengenal batas akhir sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Dalam teatrikal tersebut, dipentaskan bagaimana beraninya para pemuda pejuang Pasundan saat itu. Mereka melawan penjajah Belanda dengan penuh kegigihan dan senjata seadanya,  kemudian berhasil merobek bendera belanda yang berkibar diatas Gedung Dennis, saat itu. Dimana sekarang menjadi gedung Bank Jabar.

Dalam rangkaian acara  tersebut Kasdam Siliwangi berkesempatan melakukan gunting pita launching wisata juang dan menandatangani prasasti. (PIII/Dn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: