» » » Paslon Boleh Memberi Uang Saat Kampanye, Ini Aturannya!


SJO PANGANDARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis ternyata memperbolehkan pasangan calon bupati dan wakil bupati memberi uang saat kampanye. Ketentuan tersebut telah diatur pada Keputusan KPU Ciamis No.73/Kpts/KPU-Kab/011.320984.1/2015 tentang pembatasan dana kampanye dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran Tahun 2015.

Divisi Bidang Kampanye KPU Ciamis Didi Heryadi mengatakan, dalam Keputusan KPU Ciamis tersebut telah disepakati bahwa pemberian uang diperbolehkan selama sesuai dengan pelaporan dana kampanye.

“Berdasarkan kesepakatan bersama seluruh Paslon bahwa batasan dana kampanye sebesar Rp4,762 miliar yang meliputi biaya rapat umum, pertemuan terbatas, tatap muka, pembuatan bahan kampanye dan jasa konsultan,” kata Didi.

Didi juga menegaskan, pemberian uang sebesar Rp20 ribu atau lebih diperbolehkan selama tidak melebihi ketentuan. Karena hubungannya dengan PKPU tentang dana kampanye bukan pada ranah politik uang.

“Uang yang dikasihkan istilahnya untuk transport, namun pertemuannya dengan maksimum 99 kali, dengan jumlah maksimal kehadiran 1000 orang dalam setiap pertemuan,” tambah Didi.

Ada pun rumusan akumulasi dana kampanye untuk pertemuan terbatas Rp1,98 miliar dengan 99 kali pertemuan per orang Rp20 ribu akan berjumlah Rp 1,98 miliar.
Apabila dihitung satu kali pertemuan dengan 1000 orang jumlahnya sebesar Rp 20juta.

“Namun apabila dalam pertemuannya hanya menghadirkan 100 atau 200 orang boleh memberi uang Rp50 ribu, karena jumlah yang hadir kurang dari 1000 orang,” jelasnya.

Dengan demikian, Didi menegaskan pentingnya pelaporan dana kampanye, jangan sampai melebihi ketentuan yang disepakati.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: