» » » OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) di Pangandaran


SJO PANGANDARAN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan edukasi keuangan melalui Pasar Keuangan Rakyat (PKR) 2015 di Lapang Merdeka, Pangandaran (31/10). Rangkaian acara antara lain dengan menggelar berbagai hiburan kesenian tradisional seperti Seni Ibing Ronggeng dan Wayang Golek Rampak Dalang, aneka permainan, dan Jalan sehat besok, Minggu (1/11).

Dalam penyelenggaraan Pasar Keuangan Rakyat, puluhan pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) turut berpartisipasi dengan harapan dapat mengenalkan kepada khalayak pengembangan produk atau layanan jasa keuangan oleh OJK bersama LJK yang lebih aksesibel antara lain dari sektor Perbankan, Perasuransian, Pegadaian, Pembiayaan.

Menurut Deputi Direktur Kantor Regional 2 Jawa Barat, Ishak Saing, Pasar Keuangan Rakyat merupakan salah satu bentuk implementasi Cetak Biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) Pilar 1, yaitu Edukasi dan Kampanye Nasional Literasi Keuangan.

“Edukasi dengan model pasar keuangan rakyat merupakan upaya OJK untuk mempertemukan dan mendekatkan Sektor Jasa Keuangan kepada masyarakat yang selama ini belum tergerak untuk mengetahui mengenai sektor jasa keuangan.”jelasnya.

Diharapkan lanjut Ishak Saing, akan muncul keinginan untuk memiliki produk keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa yang akan datang.

Sementara itu menurut Kepala Kantor OJK Tasikmalaya, Edi Ganda Permana, OJK konsisten mendorong serta mendukung Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menyediakan Layanan Keuangan Mikro (Laku Mikro) sehingga dapat menjangkau masyarakat di sektor jasa keuangan, khususnya yang berpenghasilan rendah dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Laku Mikro merupakan produk dan jasa keuangan dari berbagai industri jasa keuangan yang bersifat low cost.

“Kendala yang dihadapi oleh masyarakat pada umumnya untuk mengakses sektor jasa keuangan adalah karena kurangnya pengetahuan dan informasi, serta tidak tersedianya produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya, ataupun karena masih mahalnya produk dan layanan yang tersedia.”kata Edi.

“Pelaksanaan PKR mengukuhkan tekad  OJK bersama LJK untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, dalam rangka mencerdaskan bangsa dan menciptakan Indonesia yang sejahtera.”tegasnya.

Acara Pasar Keuangan Rakyat (PKR) 2015 di Pangandaran sendiri dibuka oleh Pj Bupati Pangandaran, H. Daud Achmad dengan ditandai pemukulan Gong dan dihadiri seluruh SKPD bidang keuangan di Kabupaten Pangandaran.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: