» » » NU Majalengka Sambut Baik Hari Santri Nasional


SJO MAJALENGKA - Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Meski hari besar
nasional, tanggal tersebut tidak terhitung sebagai hari libur atau tanggal merah. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Majalengka menyambut baik penetapan Hari santri tanggal 22 Oktober karena di tanggal tersebut pada masa penjajahan kaum santri dan ulama berjuang membela kemerdekaan RI dengan nama "Resolusi Jihad NU".

K.H Harun Bajuri Ketua PC NU Majalengka mengatakan Alhamdulillah, Presiden menetapkan 22 Oktober sebagai Hari santri Nasional melalui Keputusan Presiden No.22 Tahun 2015.

"NU Majalengka menyambut dengan penetapan tersebut karena santri dan ulama adalah tonggak perjuangan dalam kemerdekaan RI karena Pada tanggal tersebut keluar fatwa resolusi jihad Hadratussyaikh Hasyim Asyari di mana membela Tanah Air hukumnya fardlu 'ain dan yang membantu Belanda jadi kafir sebelum tercetusnya Peristiwa 10 November" paparnya. Saat mengisi Rapat Persiapan kirab Hari Santri Nasional (15/10).

Momentum hari santri diakui Harun memiliki makna khusus bagi warga nahdliyin. Hal ini mengingat pada masa revolusi, laskar ulama-santri juga ambil bagian angkat senjata menyambut seruan Resolusi Jihad Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

"Nah, dalam rangka menyambut Hari Santri nasional PBNU dalam edarannya bahwa akan digelar Kirab Hari santri dari tanggal 18-22 Oktober 2015 yakni perjalanan rombongan kirab dari Surabaya menuju Jakarta (Tugu Perjuangan) dan setiap PC NU se indonesia pada hari tersebut diharuskan menggelar Ziarah ke Makam Tokoh NU Setempat"

"Insyaallah NU Majalengka pada 22 Oktober akan menggelar Istighosah dan Syukuran bersama Ribuan Santri Se Majalengka di Mesjid Al Imam lalu setelah itu kami akan menziarahi makam Tokoh NU di Majalengka seperti K.H Abdul Halim bin Kedung"

Surat edaran untuk Pengurus Ranting Majelis wakil Cabang, Badan Otonom, Lembaga, Lajnah NU dan pondok Pesantren Se Majalengka sudah dilayangkan diharapkan bisa dihadiri oleh seluruh santri Se Majalengka.(Ars)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: