» » » Miliki Pabrik Baru, Wagub Minta Cianjur Pertahankan Ketahanan Pangan

SJO CIANJUR – PT Pou Yuen, pabrik alas kaki Nike asal Taiwan yang berlokasi di Desa Sukasirna Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, diresmikan oleh dua menteri, yaitu Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, pada Selasa lalu (27/10).

Diresmikannya pabrik seluas sekitar 40 hektar ini memantapkan posisi Jawa Barat sebagai tujuan investasi modal asing di bidang industri manufaktur. Berkaca dari hal tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, meminta kepada pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk senantiasa menjaga lingkungan, terutama lahan pertanian, dalam rangka menyeimbangkan ketahanan pangan.

Menurut Deddy, industri manufaktur di Jawa Barat akan terus berkembang pesat, sehingga hal tersebut dapat mengancam keberadaan lahan pertanian abadi, mengingat peranan Jabar sebagai pemasok padi terbesar se-Indonesia.

“Jabar adalah pemasok 17,70% padi nasional. Meskipun sedang dilanda el nino, Jabar tetap diharapkan dapat menghasilkan 11,6 juta ton padi di tahun 2015 ini, papar Deddy dalam sambutannya.

Untuk itu, Deddy mengingatkan Pemerintah Kabupaten Cianjur, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekda Cianjur, agar dapat memperhatikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan industri dan kawasan pertanian. Jangan sampai ada industri yang dibangun di lahan yang diperuntukkan khusus untuk pertanian.

“Seperti kita ketahui, Cianjur terkenal dengan hasil padinya yang jadi salah satu andalah Jawa Barat, ujar Deddy.

“Kita memerlukan industri, tapi kita juga harus memperhatikan ketahanan pangan kita. Jangan sampai Indonesia kepalaran, tegasnya lagi.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: