» » » Kapolres Purwakarta Maksimalkan Peran Babinkantibmas


SJO PURWAKARTA - Kapolres Purwakarta, AKBP Truno Yudo Wisnu Andiko, SIK menegaskan pihaknya akan mengintensifkan pengawasan dan penindakan terhadap pengguna motor yang melanggar, bukan hanya di kota saja melainkan diseluruh pelosok desa se Kabupaten Purwakarta.

“Dalam memaksimalkan peran Badan Binaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas). Bila perlu Babinkamtibmas bisa menilang ditempat Pemotor itu, termasuk Pemotor di bawah umur,” jelas Kapolres disela sosialisasi. Jumat (09/10).

Terkait peraturan yang mengatur Babinkamtibmas, bisa menilang, menurut Truno didasarkan pada undang-undang No.2 tahun 2002 tentang kepolisian negara RI pasal (13) peran dan fungsi kepolisian. Didalamnya ada penegasan diskresi kepolisian yang membuka ruang adanya peraturan baru yang belum diatur dalam undang-undang ini.

“Asalkan peraturannya memenuhi beberapa syarat. Misalkan tidak bertentangan dan tidak ada tumpang tindih dengan UU, kemudian akuntabilitas yaitu dinilai aturan itu untuk kemanfaatan fungsi sosial yang sedang berjalan. Tinggal sekarang kita rumuskan Standar Operasi Pelaksanaan (SOP) nya." Jelasnya.

Sehingga Peraturan Bupati (Perbub), tentang Desa Berbudaya dan Pendidikan berkarakter, menurut Truno menjadi Salahsatu diskresi peran fungsi kepolisian. Sehingga ini bisa menjadi rujukan Babinkamtibmas untuk menilang di desa yang menjadi kewenangannya.

Karena, menurut data yang di terima, bahwa tingkat kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas di wilayah Purwakarta, tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun 2014.

"Tercatat tindak kriminalitas di tahun 2014 ada 706 kasus, sementara tahun 2015 baru 536 kasus. Jika langkah pencegahan diintensifkan, maka tingkat kriminalitas dan kecelakaan lalulintas di Kabupaten Purwakarta, dipastikan akan mengalami penurunan." Pungkasnya.(DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: