» » Iwa Dilantik Jadi Sekda Jabar, Aher Amanatkan Tujuh Poin Penting


SJO BANDUNG -- H. Iwa Karniwa, SE.Ak.,MM.,CA. resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat definitif. Pelantikan dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, kota Bandung, Senin (12/10).

Iwa Karniwa sempat mengisi jabatan tersebut sebagai Plt. sepeninggal Wawan Ridwan. Iwa menjadi Sekda Jabar pertama yang melalui Sistem Merit, yaitu pengisian Jabatan Sekretaris Daerah Provinsi secara terbuka.

Maka dari itu, Aher pun meminta agar Iwa dengan jabatan dan wewenang yang diembannya, dapat prima bekerja dengan akselerasi yang cepat, untuk kemajuan pembangunan di lingkungan pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

"Saya katakan ya, harus bekerja secepat mobil yang berjalan di jalan tol. Apalagi memang banyak proyek-proyek tol," pesan Aher.

Lebih khusus, dalam sambutannya, Aher menyampaikan tujuh pesan penting sebagai pengantar Iwa Karniwa mengemban tugasnya sebagai Sekda Jabar. Pertama, Aher menekankan pentingnya melaksanakan konsolidasi sehingga terbangun soliditas perangkat daerah untuk bersama-sama mencapai target-target pembangunan di Jawa Barat.

Kedua, Aher berharap Iwa mampu menghadirkan iklim kerja yang kondusif dan kompetitif. "Ketiga, saudara diharapkan mampu mendorong pencapaian sasaran agenda reformasi birokrasi," tambahnya.

Iwa juga diharapkan tetap memperhatikan berbagai capaian administratif penyelenggaraan pemerintahan daerah, seperti Opini WTP dari BPK; serta meningkatkan capaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

"Saya berharap Sekda mampu secara optimal mendukung berbagai program pembangunan strategis yang mencakup aspek kesejahteraan daerah, aspek daya saing daerah, dan aspek pelayanan umum," kata Aher.

Aher juga mengamanatkan bahwa Sekda harus mampu mendukung tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, khususnya dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/ kota dan tugas pembantuan oleh daerah kabupaten/kota.

Terakhir, Aher juga menekankan sebagai pemangku jabatan karir tertinggi di lingkungan Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa harus mampu tampil sebagai teladan dan panutan bagi seluruh Aparatur Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

"Selamat bertugas, wilujeng mancen tugas, selamat bekerja keras, selamat berjuang, semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab," tambah Aher.

Adapun kandidat Sekda lain yang ikut berkompetisi bersama Iwa sebelumnya diantaranya, Deny Juanda Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar, dan Anang Sudarna Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jabar.

Akhirnya Iwa Karniwa yang sebelumnya juga menjabat sebagai Asisten Administrasi Pemprov Jabar, diangkat menjadi Sekda Jabar sesuai dengan surat Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 149/M Tahun 2015 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tertanggal 18 September 2015.

Hadir pada pelantikan tersebut sejumlah pejabat dan Sekda dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat, para asisten, para Kepala Biro, dan perangkat daerah lainnya.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: