» » » Indonesia Siap Bangun Postur Pertahanan TNI yang Kokoh


SJO CILEGON - Kodam III/Siliwangi, tahun 2015 ini menjadi tuan rumah peringatan Hari Ulang TahunTentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-70. Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten dipilih menjadi tempat menggelar Perhelatan kali ini. Perwakilan 12.080 prajurit terbaik serta alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara dikerahkan untuk ikut dalam Paradae dan Defille memeriahkan  hari yang istimewa bagi TNI.

Sesuai rencana, Upacara Parade dan Defile Peringatan HUT ke-70 TNI dipimpin langsung Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara (Irup) dengan didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan masing-masing Kepala Staf Angkatan.
Dalam amanatnya Jokowi mengatakan bahwa untuk membangun kekuatan pertahanan, Indonesia harus bisa memenuhi kebutuhan alutsista secara terpadu di ketiga matra pertahanan. Saat ini hampir semua negara berlomba-lomba untuk memajukan teknologi pertahanannya.

“Kita juga melakukan upaya membangun postur pertahanan TNI yang makin kokoh, alutsista makin lengkap, dan makin modern. Modernisasi teknologi pertahanan memang diperlukan untuk terus menerus mengimbangi kemajuan zaman” katanya, saat menjadi Irup pada Upacara HUT Ke 70 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten, Senin (5/10)

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Indonesia juga sedang mewujudkan kemandirian pertahanan dengan mengurangi  ketergantungan impor kebutuhan pertahanan melalui pengembangan industri pertahanan nasional. Kemandiriaan pertahanan juga dibangun melalui  diversifikasi kerjasama pertahanan sesuai dengan kepentingan nasional.

Peringatan HUT TNI telah didahului oleh rangkaian kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di beberapa tempat. Di wilayah Kodam III/Siliwangi, bakti TNI menggelar operasi katarak  di Cilegon, pada tanggal 19-20 September 2015, yang melibatkan 500 pasien. Kemudian, pengobatan massal telah digelar pada 23 September 2015, di wilayah Korem 064/MY dengan melibatkan 3.000 pasien. Selain itu di Jajaran Kodam III/Siliwangi juga menggelar beberapa kegiatan bakti sosial seperti Donor Darah serta bakti kebersihan lingkungan.(PIII)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: