» » » Gelar Pesta Hajat Laut, Wujud Syukur Para Nelayan Pangandaran


SJO PANGANDARAN - Nelayan di Kabupaten Pangandaran sedang bersuka cita. Merekapun bersyukur atas limpahan rizki yang diberikan Tuhan lewat tangkapan laut tempat mereka mencari nafkah. Rasa syukur mereka diwujudkan dengan menggelar Syukuran Nelayan (Hajat Laut) yang dihelat setiap bulan Muharam pada Kamis Wage menjelang Jumat Kliwon, yang tahun ini jatuh pada Kamis (22/10). Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, Kamis (22/10/2015), menuturkan bahwa pesta hajat laut dimaksudkan sebagai ucapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki serta keselamatan terhadap para nelayan di Pangandaran.

“Tahun ini sedikitnya sepuluh titik mengelar hajat laut. Hajat laut ini juga bentuk syukuran nelayan dan warga Pangandaran pada umumnya,” ucapnya.

Dari pantauan seputarjabar.com, setelah melakukan doa bersama dengan membacakan Yasin dan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an. selesai dibacakan inti dari Ritual Hajat Laut pun tiba, Penjabat Bupati Pangandaran H. Daud Achmad menabur kembang ke laut sebagai pembukaan acara.

Setelah itu para nelayan membawa jampana ke tengah laut kira-kira lima mil dari pesisir pantai Pangandaran. Seluruh nelayan ikut dalam iring-iringan, mengawal perahu utama yang membawa jampana. Perahu para nelayan pun dihias sedemikian rupa.  Perahu hias ini menjadi daya tarik para wisata yang melihat Ritual Hajat Laut.

Setelah sampai di tengah laut, satu persatu jampana pun di tenggelamkan. Para nelayan terjun ke laut sambil membawa ember untuk berebut air laut disekitar jampan yang ditenggelamkan. Air ini apabila di guyurkan atau di mandikan kepada perahu mereka dipercaya mendapatkan berkah selama satu tahun kedepan dengan hasil tangkapan yang banyak dan berlimpah.

Setelah prosesi penurunan jampana selesai para nelayan kembali ke pesisir pantai. Nelayan dan warga yang sejak pagi sudah memadati areal itu akhirnya berebut makanan yang disediakan penyelenggara acara pesta hajat laut.

Selanjutnya mereka bersuka cita menikmati hiburan berupa sajian aneka kesenian tradisional Khas Pangandaran.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: