» » » Disdikbudpora Gelar Festival Seni Budaya Tradisional Pangandaran


SJO PANGANDARAN - Dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran yang ke 3, Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pemuda (Disdikbudpora) Kabupaten Pangandara, menggelar Festival Seni Budaya Tradisional, bertempat di objek wisata Batu Hiu, selama dua hari dari tanggal 23 hingga 24 Oktober 2015.

Ketua penyelenggara kegiatan, Iing Rohidin, mengatakan, acara tersebut tujuannya untuk menampilkan kembali seni tradisional buhun yang hampir punah.

“Acara ini diikuti pesertanya diikuti oleh 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran,” terangnya kepada para wartawan disela-sela acara, Sabtu (24/10).

Seni tradisional tersebut meliputi pencak silat tradisional, seni badud, rengkong, seni ronggeng gunung, kuda lumping, seni gondang, seni rudat, dan lainnya. Semuanya merupakan seni khas Kabupaten Pangandaran.

Adapun juara dalam festival tersebut yaitu, untuk juara pertama seni gondang buhun diraih Kecamatan Parigi, juara dua seni badud dari Kecamatan Cijulang, dan juara ketiga seni beluk diraih Kecamatan Cigugur. Masing-masing pemenang mendapat piala dan uang pembinaan diantaranya juara pertama sebesar Rp.2 juta, kedua Rp.1.5 juta, dan juara ketiga Rp.1 juta. (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: