» » Aher: Kreasi Anak Bangsa, Layak Jadi 'Jabar Kahiji'


SJO BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menjadi saksi kreatifitas anak bangsa Jawa Barat, pada Draping Contest (mengolah sarung/bahan kain pada manekin tanpa mesin jahit), yang merupakan rangkaian HUT Jabar ke-70, 'De Syukron', di kawasan komplek Gedung Sate, Bandung, Sabtu (24/10).

Kontes ini diikuti sekitar 674 peserta, diikuti kalangan pelajar dan umum dari berbagai wilayah se-Jawa Barat. Lomba ini dinilai oleh juri dari APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia).

Poin yang dinilai bagi peserta (dalam waktu satu jam kompetisi) yaitu menggunakan bahan sarung. Kemudian mode rancangan yang dibuat harus sesuai dengan sketsa yang sebelumnya telah di rancang. Tentunya originalitas, dan komposisi warna, bentuk, motifnya harus menarik. Sehingga 'total look', secara keseluruhan terlihat indah dan menarik.

Sementara Gubernur Aher, merasa kagum dengan kreatifitas yang terlihat dari para peserta. Menurutnya, tidak semua orang mampu membuat karya dengan helaian kaij saja. Kreasi ini pun selain mengasah kreatifitas, juga dapat mengangkat potensi daerah, seperti bahan yang digunakan, sarung Majalaya. Sehingga layak jadi 'Jabar Kahiji'.

"Ini kan kreasi anak bangsa, ngabajuan manekin dengan sarung buatan Majalaya Jawa Barat. Teu make benang, 'tojos kecos' jarum pentul, dibikin sahade-hadena. Pokokna hebat, layak jadi Jabar kahiji!," seru Aher antusias.

Turut hadir pada acara Kadisperindag, para pengamat mode, dan para peserta.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: