» » 1000 Orang Ikuti Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun


 SJO BANDUNG – Sebanyak 1.000 orang mengikuti acara Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun di Halaman Gedung Sate, pada Jumat pagi (16/10). Acara ini digelar dalam rangka peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia Tahun 2015 tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan, istri Wakil Gubernur Jawa Barat Giselawati Mizwar, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati ikut serta dalam acara bertema “Tangan Bersih Pangkal Sehat” ini. Gubernur Ahmad Heryawan pun menyambut baik acara ini sebagai bagian dari upaya mencegah penyakit.

“Kita punya kewajiban bagaimana caranya supaya anak-anak dan seluruh masyarakat di Jawa Barat kalau cuci tangan pakai sabun, karena (cuci tangan) bisa menghambat penyakit 47 persen,” ungkap Gubernur yang akrab disapa Aher ini.

Aher pun berharap, dengan cuci tangan pakai sabun bisa menjadi kebiasan masyarakat di Jawa Barat dan dapat mengurangi orang untuk datang ke Puskesmas.

“Acara ini sederhana tetapi berdampak luas untuk kesehatan kita. Kalau masyarakat kita sebelum makan atau setelah berkegiatan mencuci tangan, maka akan menghindarkan kita dari penyakit,” kata Aher.

“Mudah-mudahan dengan cara seperti ini bisa mereduksi penyakit, yang sakit kan berkurang, jadi nanti Puskesmas tidak akan banyak dikunjungi orang lagi,” tambah Aher.

Acara ini diikuti sekitar 1.000 orang, terdiri dari 800 orang peserta merupakan perwakilan siswa/i SD di Kota Bandung, termasuk guru, petugas Puskesmas juga Pembina UKS.

Selain itu, hadir pula para pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, para Kepala/perwakilan OPD di lingkungan Pemprov Jawa Barat, jajaran Tim Penggerak PKK Jabar, serta berbagai organisasi profesi kesehatan yang ada di Jawa Barat, pihak RS Hasan Sadikin Bandung, Tim Pembina UKS Provinsi Jabar, Tim Pembina UKS Kota Bandung, pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Bandung, serta Institute for Civil Society Development Foundation Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati mengatakan, acara cuci tangan pakai sabun ini bertujuan agar masyarakat bisa berperilaku hidup bersih dan sehat. “Tujuan dari acara ini adalah untuk menggerakkan dan mendorong masyarakat Jabar berperilaku hidup bersih dan sehat,” papar Alma dalam sambutannya.

Selain itu, secara khusus acara ini juga untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang tata cara cuci tangan dengan sabun yang baik dan benar, mendorong masyarakat untuk membiasakan diri melakukan cuci tangan pakai sabun, mendorong partisipasi masyarakat dan semua sektor untuk menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun baik di lingkungan sekolah, perkantoran, tempat wisata, juga tempat umum.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: