» » » Virus Bela Negara Itu Menular Lho !!

Angkot menurunkan penumpang dengan teratur dan tertib lalu lintas termasuk bela negara.

Oleh : Peter Simo Wibowo SH

Konteks Bela Negara itu apa sih ? Apakah bela negara itu identik dengan kita sebagai warga negara wajib mengikuti pendidikan wajib militer ? Memanggul senjata dan berperang berkorban jiwa dan raga melawan musuh yang mencoba menyerang dan mencoba menjajah negara kita ? Jawabannya memang betul bila kondisi tersebut negara kita dalam kondisi sedang berperang tetapi bentuk bela negara tersebut hanyalah salah satu bentuk saja yang telah dilakukan oleh generasi orang - orang tua pendahulu kita, kakeka kita ketika melawan penjajahan Belanda dan Jepang, setelah Indonesia merdeka ternyata masih sangat banyak bentuk bela negara yang lain yang bisa kita jabarkan dan kita lakukan saat ini sebagai warga negara.

Konteks Bela Negara saat ini yang paling mudah dan bisa kita pahami dan resapi bersama adalah semua kegiatan dan aktivitas kita selaku warga negara Indonesia adalah menjunjung tinggi ideologi Pancasila dan mengamalkan Undang Undang Dasar 1945 dalam kehidupan kita sehari hari. Jadilah warga negara yang berguna bagi nusa dan bangsa, wah pernyataan tersebut mungkin terdengar sedikit berat ? tentu tidak, bukan berarti selamanya berguna bagi bangsa dan melakukan bela negara kita harus mengemban tugas dan duduk sebaga pejabat publik atau kepala daerah bahkan kepala negara. Pemikiran doktrin tersebut terlampau berlebihan bos, kita sebagai warga negara biasapun sangat banyak contoh kehidupan sehari hari kitapun yang telah mencerminkan sebuah arti Bela Negara.

Apa sajakah itu ? Kita samakan persepsi kita Negara kita Indonesia saat ini adalah negara merdeka yang sedang tumbuh berkembang dan kelak suatu saat nanti akan menjadi sebuah bangsa yang besar dan maju, negara yang sedang bertumbuh membutuhkan dukungan dan support dari rakyatnya disegala aspek untuk menunjang pembangunannya. Kita sebagai warga negara tentunya secara positif berkewajiban membantu dan mendorong pembangunan negara kita, tidak perlu muluk muluk salah satu contoh konkrit Bela Negara adalah kita bisa menghargai kemajemukan suku, budaya dan adat istiadat serta keharmonisan umat beragama dilingkungan kita secara tidak langsung kita telah memelihara kerukunan masyarakat dan secara langsung itu merupakan bela negara. Bentuk bela negara yang dilihat lebih nyata lagi adalah taat hukum,ya dengan kita mentaati hukum dan tidak melanggar hukum yang dibuat dan dimiliki serta berlaku di Indonesia adalah cerminan nyata suatu bentuk Bela Negara terhadap bangsa.

Hukum apa yang perlu ditaati oleh kita ? Tentu semua nya memang banyak sekali pasal hukum yang dibuat dan berlaku di Indonesia, tak perlu berlebihan kita menanggapinya hal sederhana saja, setiap hari kita pasti menggunakan fasilitas umum jalan raya benar kan ? Dijalan raya ada aturan tata tertib berlalu lintas itu adalah hukum, dengan kita tertib berlalu lintas dan tidak melanggar rambu - rambu jalan raya itu adalah bentuk Bela Negara. Pengguna jalan raya biasanya memiliki kecendrungan mengikuti dan mencontoh pengguna jalan yang lain dengan cara ini kita menularkan virus bela negara secara tidak langsung, kalau kita berlaku tertib maka diharapkan menular kepada pengguna jalan lainnya untuk berlaku tertib pula, Kendaraan yang kita pergunakan baik itu roda dua atau roda empat secara berkala kita sebagai pemilik dibebankan untuk membayar pajak kendaraan bermotor itu adalah hukum, dengan kita membayarkan beban pajak kita kepada negara itu bentuk bela negara, jadi sebagai insan wajib pajak pun kita sudah melaksanakan suatu bentuk bela negara.

Jadi pada dasarnya dengan kita mentaati peraturan yang dibuat oleh negara adalah bentuk nyata sebuah bela negara aturan paling sederhana sekalipun misalnya larangan membuang sampah secara sembarangan, dengan kita mentaatinya dengan sadar akan manfaatnya dan bukan takut akan sanksinya berarti kita telah melaksanakan bela negara. Jadi virus bela negara itu sangat bisa kita tularkan dengan mudah kepada siapa, yang terdekat adalah lingkungan keluarga kita sendiri, kepada anak - anak kita, istri kita, kepada saudara saudara kita kepada lingkungan tetangga kita kepada komunitas kita tergabung, lingkungan kerja kita, kita berikan contoh nyata kepada warga negara lain bahwa kita sebagai warga negara telah mentaati hukum dan melakukan bela negara. Merdekaa !!

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: