» » Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan di Yon Arhanudri-3


SJO BANDUNG - Ada yang berbeda dengan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah) SMP Santa Angela kota Bandung pada tahun ini. Jika LDKS hanya dilaksanakan di lingkungan sekolah, tahun ini LDKS dilaksanakan di Yonarhanudri-3 Dam III/Slw.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah memberikan pembekalan kepemimpinan kepada para siswa sehingga memiliki jiwa kepemimpinan minimal di lingkungan sekolahnya, memberikan gambaran dan motivasi tentang bagaimana menghadapi masa depan setelah tamat sekolah, memberikan motivasi kepada siswa agar memiliki semangat yang tinggi dalam belajar dan meraih cita-cita, melatih ketangkasan dan kemampuan fisik siswa serta pengenalan tentang satuan Yonarhanudri-3 kepada siswa.

Danyonarhanudri-3 Mayor Arh Andre Wira K, S.AP. melalui Kasi-1/Intel Lettu Arh Andi Perdana K, S.IP.   membantu dan mendukung dengan berupaya memfasilitasi kegiatan LDKS SMP Santa Angela kota Bandung.

Peserta yang terlibat kegiatan tersebut terdiri dari kelas 7 sebanyak 163 siswa, kelas 8 sebanyak 170 siswa  dan kelas 9 sebanyak 172 siswa.
         
Kegiatan dilaksanakan setiap hari jumat dan setiap kelas dibagi menjadi beberapa sesi yaitu pagi, siang dan sore.

Sesi pagi dimulai dengan penjemputan para siswa dari sekolah di Jl. Merdeka No. 24, Bandung menuju Makoyonarhanudri-3 dengan berjalan kaki, dengan jarak yang ditempuh sekitar 2,4 km.  Hal tersebut dimaksudkan untuk melatih kemampuan fisik para siswa serta mengenalkan siswa terhadap lingkungan sekitar sekolah

Acara kemudian dilanjutkan dengan latihan dasar PBB (Peraturan Baris-berbaris) dengan tujuan agar para siswa bisa melaksanakan PBB dengan baik dan benar sehingga bisa diterapkan di lingkungan sekolah.

Selanjutnya para siswa diarahkan menuju aula untuk kegiatan dalam ruangan seperti pemutaran video profil Arhanudri-3,  profil TNI secara keseluruhan mulai dari tingkat Mabes TNI hingga ke satuan Yonarhanudri-3. Pemutaran profil TNI tersebut dimaksudkan agar para siswa mengetahui tugas dan tanggungjawab TNI secara umum serta untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap TNI.

Pada kegiatan tersebut  disampaikan juga materi wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air dan rasa persatuan dan kesatuan.

Kegiatan berlanjut  setelah makan siang, para siswa mengikuti out bond dengan materi, menyebrang jembatan tali 1,  menyebrang jembatan tali 2, jaring pendaratan dan beberapa fun creative game.

Tujuan dari materi ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan ketangkasan, kemampuan fisik, mental, menumbuhkan jiwa kepimimpinan dan kerjasama dari para siswa. Kegiatan Out bond dan fun games yang dilaksanakan dirancang sedemikian rupa sehingga walaupun dalam susasana santai akan tetapi sikap waspada, kemampuan fisik dan daya pikir dari setiap siswa tetap diperlukan. (PIII)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: