» » » » Pemkab Pangandaran Lamban Tangani Krisis Air Bersih, Masyarakat Harus Jalan Kaki 2 Kilometer Untuk 1 Jerigen Air

 

SJO PANGANDARAN – Dampak musim kemarau yang berkepanjangan sudah mulai dirasakan masyarakat Pangandaran. Sudah sebulan lebih warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Namun hingga kini Pemerintah kabupaten Pangandaran belum mengambil tindakan apapun untuk mengatasinya.

Warga Desa Sukajaya Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran sudah sebulan lebih merasakan sulitnya mendapatkan air bersih. Masyarakat harus rela berjalan ke Kantor Desa yang jaraknya lebih dari 2 km hanya sekedar mendapatkan 2 jerigen air bersih. Sebab ditempat itulah satu-satunya sumber air dari pompa yang masih mengeluarkan air.

Seperti halnya yanga dialami Ibu Eras (43) warga Dusun Babakan Jaya Desa Suka Jaya Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran,  sudah sebulan  dirinya  mengalami kesulitan mendapat air bersih.

“Setiap musim kemarau kami harus merasakan sulitnya mendapatkan air. Kami terpaksa harus mengambil air di dekat kantor desa yang jaraknya jauh,”tuturnya.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa hampir semua dusun di desanya mengalami krisis air bersih.

Kesulitan yang sama juga dialami warga Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran. Untuk mendapatkan air bersih bahkan warga harus mengambilnya hingga ke desa lain.

“Sudah sebulan lebih sumur-sumur milik kami mengering. Airnya sudah tidak bisa tersedot mesin pompa lagi.”kata Gungun (28), warga Dusun Nyalindung Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran.

Dirinya bahkan mengambil air dari sumber mata air di Desa Cibingung, Kecamatan Cimerak, dengan menggunakan kendaraan roda empat.”Saya membawa puluhan jerigen dan galon sekaligus. Ini digunakan untuk minum dan keperluan lainnya,”ujarnya.

Baik Eras maupun Gungun sama-sama berharap agar pemerintah membantu kesulitan masyarakat dalam memperoleh air bersih. Mereka mengaku jika selama ini belum pernah ada tindakan apapun dari pemerintah setiap menghadapi musim kemarau.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: