» » » Pemda Pangandaran Dituding Asal-asalan Dalam Usulkan Nama Pansel


SJO PANGANDARAN - Setelah protes yang dipelopori oleh kelompok aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tentang penolakan Panitia Seleksi (Pansel) Pembentukan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran, beberapa waktu lalu,  Forum Komunikasi Ormas Islam (FKOI) melakukan hal yang sama.

Koordinator FKOI Dahyan Husni Mubarok mengatakan, protes tersebut dilakukan karena Pemerintah Daerah terkesan asal-asalan dalam mengusulkan nama ke KPU Jawa Barat untuk dijadikan Pansel karena tidak mempunyai kriteria yang jelas dari ke tiga unsur kebutuhan Pansel.

“Pansel itu harus memenuhi tiga unsur kriteria, akademis, profesi, tokoh masyarakat, namun beberapa nama yang diusulkan oleh Pemda tidak memenuhi kriteria tersebut,” kata Dahyan.

Masih dikatakan Dahyan, protes tersebut dalam rangka menyelamatkan Pangandaran kedepan, karena kriteria Pansel harus bersikap independen dan netral dalam melakukan seleksi calon komisioner KPU Pangandaran.

“Kami menysinyalir Pansel tidak steril dari politik praktis, selain itu juga dipertanyakan jejak rekam secara sosial,” tambah Dahyan.
Dahyan berharap, Pemerintah Daerah berkoordinasi dengan KPU Jabar untuk melakukan evaluasi total personiol Pansel dan menggugurkan SK yang sudah dikeluarkan.

“Dalam waktu dekat Kami akan menggelar audiensi dengan pihak Pemerintah Daerah dan mengirimkan surat ke KPU Jabar untuk menggugurkan SK Pansel,” pungkas Dahyan.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangandaran Mahmud saat dikonfirmasi terkait hal itu mengatakan Pansel merupakan kewenangan KPU Jabar.

“Berkali-kali saya sampaikan keseluruh media massa dan tokoh bahwa itu merupakan kewenangan KPU Jabar, jadi silahkan saja protes ke KPU Jabar,” kata mahmud.

Mahmud juga berjanji akan melakukan koordinasi dengan Pansel terpilih dan KPU Jabar terkait kegaduhan dalam pembentukan Pansel saat ini.

“Nanti kami akan melakukan komunikasi agar hal ini tidak berkepanjangan,” pungkasnya.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: