» » » » Parpol Pendukung Dilarang Dicantumkan Pada Atribut Kampanye


SJO PANGANDARAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis kembali mempertegas partai politik pendukung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Pangandaran dilarang dicantumkan pada atribut kampanye.

Ketua Kelompok Kerja Kampanye KPU Ciamis Didi Heryadi mengatakan, bagi parpol pendukung untuk mentaati PKPU dengan tidak memasang logo pada atribut kampanye.

“Pada prinsipnya KPU Ciamis menghargai partai pendukung hanya saja apabila masih ingin mendukung dipersilahkan untuk mentaati pereturan,” kata Didi.

Dukungan parpol yang tidak memenuhi persyaratan untuk menjadi parpol pengusung, dipersilahkan untuk memberikan dukungan secara informal saja.

“Dalam PKPU Nomor 7 tentang kampanye sudah jelas syarat partai politik yang bisa mengusung calon bupati dan calon wakil bupati adalah partai politik yang memiliki kepengurusan yang jelas dan sah juga diakui oleh KPU dan Kemenkumham,” tambah Didi.

Adapun tujuan tidak diperbolehkanya partai pendukung mencantumkan logo atau lambang partainya agar masyarkata bisa membedakan mana partai pengusung dan mana partai pendukung.

“Berdasarkan PKPU nomor 9 tentang pencalonan partai pendukung yang tetap mencantumkan logo atau lambang partainya akan dikenakan sangsi adminsitrasi berupa teguran,” jelasnya Didi.

Secara teknis, apabila terdapat pelanggaran administrasi pencantuman logo parpol pendukung pada atribut paslon akan dikaji oleh Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten untuk dikaji, setelah itu bila terjadi pelanggaran akan merekomendasikan ke KPU untuk ditindaklanjuti. (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: