» » » » Panwaslu Kabupaten Pangandaran, Ajak Masyarakat Awasi Pemilu


SJO PANGANDARAN - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pangandaran mensosialisasikan pengawasan pemilu kepada organisasi masyarakat (OMS) Kamis (10/09) di Gedung Islamic Center Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menigkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran 2015.

"Kita melihat peran dan partisipasi masyarakat masih sangat kurang dalam pengawasan pemilu. Ini karena memang mereka belum memahami aturan dan cara melakukan pengawasan pemilu," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Pangandaran, Imam Ibnu Hajar.

Menurutnya, tahap pilkada sudah semakin dekat sehingga kemungkinan munculnya pelanggaran juga semakin banyak dan kita melihat peran dan partisipasi masyarakat masih sangat kurang dalam pengawasan pemilu. Sehingga kami berusaha menigkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi tahapan pelaksanaan pemilu.

“Dalam kegiatan sosialisasi ini akan memberi pengetahuan bagi masyarakat akan pentingnya peran mereka dalam ikut mengawal proses pemilihan bubati dan wakil bupati Pangandaran yang akan berlangsung 9 Desember 2015 mendatang.” katanya.

Ia menyebutkan, personil yang bertugas mengawasi pemilu di setiap tingkatan terbatas.

"Karenanya, untuk menciptakan pemilu yang aman dan berjalan sesuai aturan, kita mengajak peran serta masyarakat. Semua masyarakat dapat ikut terlibat, tidak ada batasan untuk mengawasi pemilu. Hanya saja ada aturan mengenai tata cara pelaporan pelanggaran, ini yang harus dimengerti masyarakat," jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Panwaslu Kabupaten Pangandaran, semua Ketua organisasi masyarakat (OMS), Organisasi kepemudaan dan perwakilan mahasiswa.

"Ada beberapa lembaga yang ikut dalam sosialisasi ini. Ini merupakan tahap awal membangun kerja sama dengan organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat dan mahasiswa di Pangandaran," jelas Ibnu.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: