» » » » Linmas Pandeglang Minim Anggaran


SJO PANDEGLANG - Kepala Satua Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Pandeglang, Agus Priadi Mustika mengatakan, keberadaan satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) disetiap Desa di Kabupaten Pandeglang, sekarang ini banyak yang tidak berfungsi. Hal itu terjadi karena, minimnya perhatian dari Pemerintahan Desa itu sendiri. Baik dari segi kesejahteraan maupun sarana dan prasarananya, tetapi sebetulnya fungsi Linmas itu sudah jelas, yakni untuk memberikan pelayanan terhadap Masyarakat dalm bidang keamanan lingkungan.

“Sebetulnya Linmas ini disetiap Desa sudah ada, akan tetapi perhatian dari Desa sangat minim. Sehingga dalam melakukan tugas dan fungsinya juga tidak optimal, padahal jika pihak Desa itu memperhatikan Linmas, maka itu sangat membantu dalam ketertiban dan keamanan Desa,”ungkapnya dalam acara bimbingan teknis Linmas Desa, di Gedung Eks Kawedanaan Kecamatan Menes, Kamis (17/9/2015).

Lanjut Agus, dengan lemahnya sistem kerja Linmas tersebut, pihaknya meminta kepada Camat Menes untuk menekan kepada seluruh Kepala Desa diwilayah Kecamatan Menes, agar benar-benar memperhatikan dan mengaktifkan Linmas itu sendiri. Sebab itu sangat penting untuk keamanan lingkungan Desa, apa lagi kata dia, sekarang ini akan mengahdapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Tentunya jika tidak digerakan kembali, maka hawatir konflik itu sering terjadi dilingkungan Desa itu sendiri.

“Selain untuk menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan, Linmas juga bisa membantu dalam kenerja Kepala Desa. Seperti ketika mau kunjungan aatau kegaiatan lain, bisa dikawal oleh Linmas ini,”katanya.

Ia menambahkan, untuk anggaran Linmas tersebut bisa diambil dari Anggaran Dasar Desa (ADD) maupun presh Mony. Seperti untuk seragam dan honorarium.

“Untuk honor Linmas itu bisa diambil dari ADD, sehingga nantiny Linmas ini bisa lebih aktif di Desa, jika diperhatikan oleh Kadesnya,”ucapnya. (And/Jpr)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: