» » » » » Lezatnya “Pindang Gunung”, Kuliner Khas Pangandaran


SJO PANGANDARAN - Berwisata ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat, tak lengkap rasanya bila tak menikmati kuliner. Ragam olahan seafood mulai dari ikan bakar, udang, cumi hingga lobster dengan macam varian saos penggugah rasa mungkin sudah biasa dan mudah ditemui. Namun Kali ini SJO Pangandaran mengajak pembaca menjajal kuliner khas pesisir Pangandaran "Pindang Gunung".

"Menu ini  tergolong baru, yaitu sejenis sup ikan berkuah dengan bumbu khas Sunda,” kata Asep (43), pengelola rumah makan tersebut, kepada seputarjabar.com, Kamis (17/09).

Menurut Asep, Pindang Gunung itu menggunakan ikan kakap merah. Kenapa kakap,  karena tekstur dagingnya tebal dan kenyal dengan cita rasa tidak anyir.

“Ciri khas Pindang Gunung Pangandaran  itu adalah dengan memberinya honje atau kecombrang dan daun kedondong sebagai penyedap. Rempah-rempah itu membuat cita rasa kuah sup dengan rasa asam akan terasa lebih segar. Harumnya, aroma sup terasa lengkap dengan  potongan daun salam lengkuas dan batang serai. Kalau suka pedas bisa ditambahkan cabai rawit.” jelasnya.

Asep menambahkan, Pindang Gunung ini sangat nikmat jika disantap saat hidangan masih hangat. Paling pas dinikmati tanpa nasi. Santap juga daun kedondongnya, teksturnya lembut dengan cita rasa asam dan segar yang kuat.

“Saat pindang gunung terhidang di depan meja makan, hmm..anda akan mencium harum kuah  pindang yang mengundang selera. Asam segar pedas bersatu dengan serai, daun salam, kunyit dan lengkuas, membuat setiap suapan potongan kakap berpadu dengan harum kuah pindang gunung.” ujar Asep.

Anda dapat menikmati sensasi segar "Pindang Gunung" di Rumah makan Seafood Karya Bahari 1 di Pasar Ikan Pantai Timur dan Karya Bahari 2 di Jalan Raya Babakan Kilometer 1 sebelum gerbang masuk pantai, tepatnya di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

Anda penasaran ingin menikmati Pindang Gunung? Yuk, wisata kuliner ke Pangandaran ! (Iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: