» »Unlabelled » Kreatif Cegah Korupsi, KPK Sosialisasikan Portal Antikorupsi


SJO BANDUNG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan sosialisasi pencegahan korupsi melalui seminar setengah hari bertajuk ‘Roadshow Anti Corruption Clearing House (ACCH) KPK: Kreatif Cegah Korupsi’. Menggandeng Bandung Creative City Forum (BCCF), seminar berlangsung hari ini, Selasa (22/9), di Kampus Telkom University, Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Bandung.

Sosialisasi ACCH sebagai pusat informasi antikorupsi dimaksudkan untuk mempopulerkan ACCH di kalangan masyarakat dan mendorong masyarakat untuk mengakses ACCH melalui http://acch.kpk.go.id/.  Selain itu, KPK menilai peran dan partisipasi publik khususnya dalam membangun gerakan antikorupsi harus terus didorong, dan Portal ACCH dapat menjadi salah satu wadahnya.

KPK mengembangkan Anti-Corruption Clearing House (ACCH) sebagai salah satu pilar strategi pencegahan korupsi dan merupakan platform jejaring antikorupsi dalam menjalankan misi pemberantasan korupsi di Indonesia. Untuk itu, program ACCH dirancang sebagai sumber pengetahuan dan informasi yang terdistribusi secara terbuka untuk publik (public knowledge management) dalam upaya membangun semangat, visi dan budaya antikorupsi.

Portal ACCH dibangun pada tahun 2009. Sejak itu, terus dikembangkan dan dioptimalkan sebagai pusat informasi antikorupsi dan pemberantasan korupsi. Hingga saat ini Portal ACCH telah dilengkapi dengan konten pengetahuan dalam berbagai format, antara lain tulisan/artikel, video, serta literatur untuk berbagai kalangan dan kelompok umur yang dapat diunduh. Dari waktu ke waktu, dilakukan pembaruan konten untuk mengakomodir kebutuhan publik dan menyesuaikan dengan perkembangan trend informasi.

Peningkatan trafik pengunjung Portal ACCH juga menjadi perhatian KPK. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperbanyak shareable content, yang dapat disebarluaskan melalui media sosial dan saluran informasi lainnya. KPK juga memanfaatkan semua medium komunikasi yang dikelola seperti Kanal KPK TV dan Radio sebagai bentuk promosi dan sosialisasi konten-konten audio visual yang diproduksi oleh internal KPK maupun pihak eksternal. Konten kreatif dan menarik yang ditampilkan tak semata berupa informasi dalam bentuk teks, namun juga gambar, infografis, foto, video dan film pendek.

Selain itu, KPK juga pernah melibatkan sejumlah elemen masyarakat melakukan pemetaan ekspektasi masyarakat terhadap portal ACCH dalam rangka mengoptimalkan fungsi ACCH. Dari hasil pemetaan bersama LSM, akademisi dan sejumlah radio komunitas di beberapa kota di antaranya Jakarta, Semarang, Surabaya dan Makassar, di antaranya mengharapkan ACCH menjadi sarana penyadaran masyarakat tentang antikorupsi dan dapat bersinergi dengan gerakan antikorupsi, selain menjadi pusat informasi pengetahuan antikorupsi yang tidak hanya menjadi milik dan perpanjangan tangan KPK, tetapi milik publik dan terbuka. Harapan lainnya adalah ACCH menjadi rujukan utama bagi semua kalangan dalam kajian, riset, advokasi maupun materi ajar.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: