» » » HMI Tegaskan Netral Dalam Pilkada Pangandaran


SJO PANGANDARAN – Menyebarnya undangan untuk menghadiri acara deklarasi dukungan ke salah satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati melalui SMS yang mencantumkan 9 organisasi, disesalkan beberapa organisasi gerakan mahasiswa. Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis yang membawahi HMI Kota Banjar dan HMI Kabupaten Pangandaran Adad Muslim Aziz mengatakan, SMS yang tersebar dinilai telah mencederai independensi organisasi karena dibawa ke ranah politik praktis.

“Seharusnya undangan tersebut tidak mencantumkan kalimat disediakan amplop dan snack, karena kesan dan presepsinya akan lain saat dibaca oleh penerima SMS,” kata Adad.

Selain itu juga pengundang harus memahami kultur dan ideologi organisasi yang akan diundang, karena tidak semua organisasi bisa langsung berperan aktif dalam politik praktis menjelang Pilkada Pangandaran.

“HMI salah satu organisasi mahasiswa yang berfungsi sebagai organisasi kader dan selalu menjaga idealisme. Maka kami tegaskan, HMI bersikap netrla dan tidak memberikan dukungan secara politik praktis ke salah satu paslon,” tambah Adad.

Klaim HMI selalu muncul dalam momentum politik, namun bila klaim tersebut mengatas namakan HMI secara konstitusi sangat disayangkan, karena bukan ranahnya HMI terlibat secara praktis.

“Tidak dipungkiri beberapa alumni HMI hari ini sudah ada yang menjadi pendukung salah satu paslon, bahkan mungkin jadi tim sukses, namun itu hak berpolitik secara individu, bukan secara konstitusi,” kata jelas Adad.

Perlu digaris bawahi, bahwa HMI tidak pernah mengajarkan berpolitik kepada kadernya, karena tanpa harus terlibat politik praktispun, HMI tetap akan memiliki kekuatan politik melalui independensinya.

“Kekuatan politik yang dimiliki HMI bukanlah pada proses dukung mendukung atau tolak menolak kandidat yang orientasinya mengarah kepada politik kekuasaan, tetapi kekuatan politik yang dimiliki HMI adalah nilai-nilai independensi, ideologi dan idealisme perjuangan mencetak kader,” pungkasnya.(iwn)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: