» » Batal Di GBLA, Pemprov Rogoh Kocek 60 Miliar Rehab Si Jalak Harupat

SJO BANDUNG - Pembatalan rencana upacara pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XV 2016 Jawa Barat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), memaksa pemerintah provinsi merogoh kocek Rp60 miliar. Dana ini diperuntukkan bagi pembenahan Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengemukakan  pihaknya menganggarkan dana tersebut dalam APBD Perubahan 2015. Namun, jika tidak memungkinkan tahun ini, kebutuhan anggaran renovasi Si Jalak Harupat dimasukkan ke dalam APBD Murni 2016.

Iwa menambahkan dana yang dikeluarkan Pemprov Jabar itu dipergunakan, antara lain, untuk membenahi akses jalan menuju Stadion Si Jalak Harupat. Menurut rencana, jalan dari Tol Soreang yang menuju stadion akan diperlebar menjadi antara 9-12 meter.

"Pelebaran jalan dari pintu keluar tol, ada jalan arah ke Cimahi. Jalan itu kita lebarkan. Sekarang sekitar enam meter, bisa jadi 9-12 meter," ungkap Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (1/9).

Selain itu, Iwa menegaskan alokasi APBD itu digunakan untuk renovasi Stadion Si Jalak Harupat berupa, antara lain, perbaikan lampu dan papan skor. Nantinya, lampu dan papan skor disesuaikan dengan standar yang ditentukan.

Tidak hanya itu, venue lainnya yang ada di sekitar Stadion Si Jalak Harupat pun akan diperbaiki agar memenuhi standar yang diharuskan. Bahkan, lanjutnya, sebagian venue sudah ada yang dikerjakan.

Menjawab soal perkembangan pembangunan jalan tol Pasirkoja-Soreang, Iwa menyatakan dalam waktu dekat akan dikerjakan. Terlebih, tambahnya, saat ini sudah ada pemenang lelang pengerjaan tersebut. "Tol sudah ada pemenang. Awal September ///groundbreaking///," katanya.

Iwa memastikan adanya pembangunan jalan akses dimaksud sangat membantu kelancaran pelaksanaan PON dan Peparnas nantinya. Akses tol itu sangat penting untuk memudahkan akses menuju Stadion Si Jalak Harupat. "Jalak Harupat repot kalau tidak ada tol. Kita sangat terbantu," tandasnya.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: