» » USAID PRIORITAS Gulirkan Latihan Putaran Tiga

SJO, BANDUNG–Badan Pembangunan Dunia Amerika Serikat (USAID) kembali menggelindingkan program pelatihan guru putaran tiga untuk jenjang SD/MI.

Pelaksanaan program putaran tiga diawali dengan pelatihan fasilitator daerah (TOT) tingkat Jawa Barat bertempat di Hotel Santika, Tasikmalaya (18-21/8).

Pelatihan diikuti oleh seratus orang, terdiri atas fasilitator daerah (Fasda) kabupaten/kota bidang pembelajaran, widiyaiswara LPMP dan BPTP-KU Jawa Barat, staf terkait Disdikbud dan Kemenag Jawa Barat, serta dosen UPI dan UIN Bandung.

“Setelah berhasil menerapkan paket pelatihan I dan II, kini kami mulai menggulirkan paket pelatihan III yang berorientasi pada peningkatan kemampuan literasi,” papar Erna Irnawati, koordinator USAID PRIORITAS Jawa Barat.

Erna sebut, upaya mendorong kemampuan literasi siswa ditempuh secara terpadu melalui proses pembelajaran dan pengembangan budaya baca. Literasi mencakup kemampuan siswa membaca dengan pemahaman yang pada gilirannya mampu menghasilkan karya tulis orisinal. “Siswa didorong untuk mampu menulis dengan pikiran sendiri dan melahirkan karya tulis yang panjang, teliti, dan menarik,” jelas Erna.

Siswa didorong bukan sekadar membaca secara literal, tapi paham dan mampu menuliskan apa yang telah dibacanya. Sumber daya manusia Jawa Barat yang berbudaya baca dan kreatif menulis diharapkan mampu memecahkan masalah daerah secara mandiri.

Diding Gusutardi, Kepala Seksi Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat, sebut program USAID PRIORITAS mulai berimbas ke sekolah, gugus, dan daerah lain selain mitra USAID. Fasda dan para guru yang sudah dilatih USAID menjadi tulang punggung diseminasi praktik yang baik program ini. “Raihan Jawa Barat pada OSN dengan medali emas, perak, dan perunggu merupakan bukti dampak program USAID PRIORITAS,” ujarnya.

Diding juga mengatakan, daerah-daerah mitra mengalami peningkatan tajam dalam bidang pembelajaran dan manajemen, sehingga kini kualitas pendidikan di Jawa Barat lebih merata dan tidak didominasi oleh kab/kota besar saja. Sambil menyampaikan penghargaan dan terima kasih untuk USAID, Diding sekali lagi menegaskan, program USAID PRIORITAS bersinergi dan saling menguatkan dengan program pendidikan Jawa Barat.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: