» » Siapkan Pemimpin Masa Depan Melalui LPDP, Bakohumas Tematik Bahas Peran Kemenkeu


SJO JAKARTA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengikuti Forum Badan Komunikasi Humas (Bakohumas) Tematik  di Aula Juanda, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (30/7). Partisipasinya ini direpresentasikan oleh perwakilan dari Biro Humas, Protokol dan Umum; serta Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. Tema yang diangkat adalah “Kontribusi Kemeterian Keuangan Dalam Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan Indonesia Melalui LPDP”

Dalam sambutannya Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan sejak dimulai pada tahun 2013, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah membiayai 6.335 orang penerima beasiswa. Hal tersebut disampaikan oleh saat membuka Forum Bakohumas di Aula Juanda, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (30/7).

Dari 6.335 orang penerima beasiswa tersebut, lanjut Bambang, 4.543 orang adalah peserta program magister/S2, 878 orang peserta program doktor/S3, 596 orang  peserta program penyelesaian tesis, 273 orang  peserta program penyelesaian disertasi, serta 45 orang peserta program keprofesian terutama untuk spesialis kedokteran.

Selain program beasiswa, Badan Layanan Umum (BLU) yang dikelola oleh 4 kementerian ini (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Keuangan; dan  Kementerian Agama) juga menyelenggarakan program pendanaan riset serta program pendanaan rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak.

“Program Pendanaan Riset, terdapat 48 judul riset yang telah dinyatakan sebagai penerima bantuan pendanaan dari LPDP,” kata Menkeu seraya merinci 48 riset tersebut terdiri dari 15 riset di bidang pangan, 16 di bidang energi, 1 di bidang kesehatan dan obat, 9 di bidang tata kelola, 5 di bidang eco-growth,  dan 2 di bidang budaya.

“LPDP juga telah melakukan rehabilitasi terhadap 8 sekolah yang rusak,” tambah Bambang.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengemukakan, saat ini LPDP memiliki dana abadi sebesar Rp 15,6 triliun yang bersumber dari dana operasi APBN dari 2010–2013.

Keberadaan dana abadi itu, kata Bambang harus dipastikan keberlangsungannya. Semua pihak dapat berpartisipasi aktif untuk mengawasi penggunaaannya sehingga dapat menjadi pertanggungjawaban bagi generasi mendatang.

“Penggunaan hasil pengelolaan dana abadi pendidikan untuk program beasiswa, pendanaan riset, dan rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak harus dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel sehingga dapat memberikan manfaat yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Bambang.

Bakohumas Tematik LPDP

Forum Bakohumas ini dimoderatori oleh  Kepala Divisi Pengembangan Dana Kelolaan LPDP Agung Sudaryono. Pembicara pertama yaitu  Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo menjelaskan mengenai Kinerja Beasiswa LPDP Tahun 2013-2015. Eko menyampaikan, jumlah pendaftar beasiswa LPDP dan penerima beasiswa LPDP. “Pendaftar beasiswa tahun 2013 sebanyak 20.560, tahun 2014 sebanyak 33.667, dan tahun 2015 sebanyak 25.692. Untuk penerima beasiswa LPDP tahun 2013 sebanyak 1.555, tahun 2014 sebanyak 3025, dan tahun 2015 sebanyak 1755”, ujarnya.

Menurut Eko, Beasiswa LPDP ini diharapkan dapat mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia. Selain itu, Eko juga menjelaskan mengenai struktur organisasi, serta visi dan misi LPDP.

Pembicara kedua Direktur Perencanaan Usaha & Pengembangan Dana LPDP Mokhamad Mahdum memaparkan mengenai program layanan LPDP.

“Program layanan LPDP yaitu pengembangan dana dan penyaluran dana melalui beasiswa, pendanaan riset, dan rehabilitasi fasilitas pendidikan”, jelasnya.

Beasiswa LPDP ini meliputi beasiswa untuk magister/doktor, tesis/disertasi, spesialisasi kedokteran, dan afirmasi. Adapun proses pendaftaran beasiswa LPDP antara lain seleksi administrasi, seleksi substansi (wawancara, LGD, writting test). Untuk persyaratan umum untuk pendaftaran LPDP antara lain : a) WNI, b) usia S2: maksimal 35 dan S3: maksimal 40, c) IPK S2: minimal 3,00 dan IPK S3: minimal 3,25.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: