» » » Semudah Itukah Bela Negara ?


Oleh : Ruly Rahadian

Seorang nelayan bertanya..."Bela Negara itu apa sih pak?" Saya jawab, "Bapak nangkap ikan, tidak pakai bom ikan, jaga keutuhan terumbu karang supaya nggak rusak, ya itu sudah bela negara."

Seorang skateboarder bertanya... "Kang, sebenarnya Bela Negara itu apa sih?" Saya jawab, "kalau kamu nggak main di jalan ganggu lalu lintas, bahkan kalau bisa jadi juara skateboard Internasional, itu bela negara."

Seorang sopir taksi bertanya... "Mas, kalau Bela Negara itu maksudnya apa ya?" Saya jawab, "kalau abang bawa taksi tertib lalu lintas, tidak ugal-ugalan, dan santun sama penumpang, itu sudah bela negara."

Pertanyaan balik dari mereka hampir sama... "segampang itukah Bela Negara?"

Ya... memang jika kita lihat secara sederhana, Bela Negara tidaklah sulit untuk dilaksanakan oleh semua warga negara melalui pendekatan profesi dan kesehariannya masing-masing. Tapi akan menjadi sulit jika ego kita sebagai warga negara kita pertahankan, sehingga kita manjadi jauh dari nilai-nilai ideal. Sikap ideal yang kolektif dalam koridor nilai dan tujuan kebangsaan, akan menggiring bangsa ini menjadi bangsa yang berbudaya dan bermartabat, karena masyarakatnya memiliki sikap ideal tersebut dan SELALU SIAP BELA NEGARA!

*) Penulis adalah Pakar Bela Negara pada Direktorat Bela Negara di Dirpothan Kementrian Pertahanan RI

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: