» » Pilbup Pangandaran, Pemutakhiran Data Pemilih Sudah Mencapai 70 Persen Lebih

SJO PANGANDARAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pangandaran mengklaim telah menyelesaikan 70 persen lebih pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada 9 Desember 2015.

KPUD yakin pada 19 Agustus nanti, data sudah masuk 100 persen. Kasubag Program KPUD Pangandaran, Imam Mustofa S.Sos  mengatakan, pihaknya dalam beberapa hari ini akan meminta laporan dari seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh Kabupaten Pangandaran, untuk memastikan pelaksanaan pemutakhiran data penduduk yang digelar sejak 15 Juli 2015 berjalan sesuai dengan prosedur dan mekanisme.

‘’Minggu depan kita akan mengadakan evaluasi. Mestinya dikisaran 70 sampai 80 persen pemutakhiran data pemilih  yang sudah selesai. Sisanya masih terus dikebut oleh petugas yang berada di desa,’’kata Imam.

Dia menegaskan, pelaksanaan pemutakhiran data penduduk dilakukan dengan mendatangi rumah pemilih. ‘’Petugas harus melakukan pencocokan dan penelitian daftar pemilih dengan cara mendatangi rumah ke rumah pemilih. Pemilih yang tertera harus dipastikan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat,’’tegasnya.

‘’Tidak memenuhi syarat karena tercatat ganda, pindah domisili atau meninggal dunia. Sementara pemilih baru, kebanyakan berasal dari penduduk pindahan dan pemilih pemula yang dibuktikan dengan identitas kependudukan,’’ujarnya. (iwn)

--

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: