» » » Petani Keluhkan Harga Cengkeh Anjlok



SJO PURWAKARTA - Dalam Panen Raya Cengkeh, di Wilayah Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, para petani mengeluh karena anjloknya harga Cengkeh saat ini, di kisaran 80 Ribu Rupiah per kilonya, kalo dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di wilayah Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, merupakan salah satu daerah pertanian cengkeh, dengan kwalitas sangat baik.

Namun menurut Yaya Sunarya salah satu petani cengkeh, mengeluh, karena untuk harga cengkeh saat ini anjlok di kisaran 80 Ribu Rupiah, untuk di tingkat bandar, sedangkan ditingkat para petani hanya menerima 78 Ribu Rupiah per kilogram. "Padahal tahun lalu bisa mencapai harga normal di angka 100 Ribu Rupiah, dan sempat mencapai 200 Ribu Rupiah perkilogram.

Dengan anjloknya harga cengkeh tahun ini, disebabkan oleh faktor melimpahnya hasil panen cengkeh di panen raya dan tidak adanya dana talang awal dari bandar besar, untuk pembelian cengkeh di tingkat petani, sehingga para bandar kecil harus merprogoh koceknya sendiri, untuk bisa menampung hasil panen cengkeh. Ujarnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: