» » » Pangandaran Perkuat Kerja Sama Multistakeholder Pariwisata Melalui FKTP DMO


SJO PANGANDARAN - Perbaikan dan penguatan tata kelola destinasi menjadi salah satu tema dari program dukungan Pusat yang dilakukan melalui Direktorat Perancangan Destinasi dan Investasi Pariwisata – Kemenparekraf. Untuk itu pada rangkai kegiatan fasilitasi pembentukan forum tata kelola Pariwisata DMO yang dilaksanakan di Arnawa Hotel Pangandaran, Selasa (25/8) telah terbentuk Pokja finalisasi adart FKTP.

Torang Nasution, Se,M.Si selaku Kasubdit Perancangan dan Destinasi Kemenparekraf menegaskan kembali perlunya penguatan komunikasi lintas pelaku dalam mengembangkan kawasan destinasi. Melalui semangat kebersamaan dan gotong royong antarpelaku diharapkan komunikasi pembangunan dapat berjalan sinergis sehingga berdampak pada penguatan daya saing kepariwisataan.

“Kami dari Kementrian Pariwisata saat ini sedang melakukan asistensi tata kelola destinasi untuk Kabupaten Pangandaran dalam upaya menjadikan  Kabupaten Pangandaran sebagai kawasan strategis pariwisata nasional agar lebih mempunyai daya tarik bagi wisatawan,”jelasnya.

Torang melanjutkan, saat ini sedang dilaksanakan penguatan kelembagaan FKTP. Forum ini merupakan wadah tempat berkumpulnya para steakholder untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di daerah destinasi, baik perbaikan  regulasi,  pengembangan sumber daya manusia serta  penguatan kelembagaan agar berjalan baik, berdaya tarik dan berkelanjutan.

“Setelah melalui tahapan Komitmen, tim perumus, diskusi dan deklarasi, saat ini sedang menyusun adart yang akan dilaksanakan oleh pokja finalisasi adart yang hari ini telah terbentuk,”katanya.

Adapun susunan pokja finalisasi adart adalah dari steakholder Edi Rusmedi dan Baban. Dari unsur masyarakat ditunjuk Eko Suartono dan Eko Bagus. Sedangkan dari pemerintah ditunjuk Cecep D Senjaya, Ikin Sodikin dan Ade Arifin.

“Pokja finalisasi adart ini akan bekerja selama satu minggu dari tanggal 4 september 2015. Sementara untuk sekertariat telah disepakati di TIC Pangandaran,” pungkasnya (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: