» » New Born Skrining - Momen Berharga Bagi Bayi Anda di Hari Ketiga


SJO BANDUNG - Tahukah Anda kebanyakan bayi dengan penyakit keturunan tetap terlihat normal secara fisik saat dilahirkan? Padahal kelainan pada bayi dapat dideteksi sedini mungkin. Jangan biarkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda menjadi terhambat.

Di usia bayi Anda yang ketiga hingga lima hari, Lakukan Uji Saring Neonatus sebagai wujud cinta yang paling dalam agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara normal di kemudian hari.

Skrining atau uji saring neonatus adalah pemeriksaan yang dilakukan pada setiap bayi baru lahir (72-120 jam setelah kelahiran) untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Melalui pemeriksaan ini, kelainan yang terdeteksi pada bayi dapat segera diatasi sedini mungkin sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang secara normal.

Penyakit apakah yang dapat dideteksi dengan skrining neonatus?

1. Hipotiroid Kongenital
Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan hormon tiroid, yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan, terutama pada susunan saraf pusat. Kebanyakan bayi terlihat normal secara klinis hingga usia 3 bulan, namun saat itu perkembangan otak mungkin saja sedang terganggu. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan keterbelakangan mental, gangguan koordinasi gerak, dan lain-lain. Gejala yang dapat diamati antara lain jaundice (kuning), konstipasi (susah BAB), lemah, gangguan makan, lidah membesar, dan wajah membengkak (putty face).

2. Defisiensi Glucose-6-Phosphate Dehydrogenase (G6PD)
Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan enzim G6PD sehingga mengakibatkan sel darah merah lebih cepat rusak dan mengalami hemolisis, serta memicu kondisi anemia hemolitik. Selain itu, defisiensi G6PD juga mengakibatkan sel darah merah tidak dapat lagi mengangkut oksigen secara efektif ke seluruh tubuh. Gejala yang dapat diamati antara lain jaundice (kuning), sakit punggung, sesak nafas, denyut jantung tidak beraturan, dan suhu tubuh meningkat secara tiba-tiba.
Diagnosis dan penanganan dini dapat mengurangi angka keadaan sakit (morbiditas) dan angka kematian (mortalitas) yang diakibatkan oleh penyakit keturunan.

Pastikan buah hati Anda tumbuh dan berkembang normal.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: