» » » Kreativitas Warga Memeriahkan HUT RI Ke-70, Tank Tempurpun Tercipta


SJO PANGANDARAN - Kreativitas masyarakat ditunjukkan jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia (RI). Mereka menghias lingkunganya dengan cara masing-masing untuk merayakan hari kemerdekaan itu.
Warga Dusun Karanggedang  Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, bahkan berinisiatif membuat replika Tank tempur  sepanjang empat meter.

Salah seorang warga yang juga penggagas pembuatan replika itu, Rudi Suteja (34), mengatakan, selain untuk menyambut HUT ke-70 RI, Tank itu dibuat sebagai symbol semangat para pahlawan saat merebut kemerdekaan dari para penjajah dulu.

“Kami saat ini kan tinggal mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif. Inilah wujud nyata para pemuda disini menyambut  HUT RI ke 70,” ujar Rudi kepada seputarjabar.com, Sabtu (15/08).

Tank yang terbuat dari bambu dan kertas semen tersebut dirakit menggunakan mobil bak, sehingga nantinya dapat dikendarai saat karnaval.

Menurutnya, pembuatan replika Tank yang diberi nama “Si Bangbrang” itu menghabiskan dana sekira Rp. 500 ribu. Uangnya berasal dari iuran warga sekitar.

“Sedangkan kendaraan mobil baknya pinjam dari salah seorang pengusaha disini. Replika Tank ini rencananya akan ikut dalam karnaval pada HUT RI ke 70 nanti,” tutur Rudi.

Pada bagian lain, sejumlah warga di sejumlah kampung di Desa babakan Kecamatan Pangandaran, berlomaba-lomba menghiasi kampungnya dengan cara masing-masing.

Sebagian ada yang menghias gapura kampung, mengecat tepi jalan dengan cat putih, memasang umbul-umbul, memasang bendera merah putih di depan rumahnya, dan aktivitas lainnya.

Kepala Desa Babakan, Undang Herdi  mengatakan, pemerintah desa saat ini memang  sedang menggelorakan semangat nasionalisme kepada masyarakat.

“Saat ini pemerintah desa sedang mengadakan lomba kebersihan, ketertiban dan keindahan (K3). Makanya disetiap wilayah di 5 dusun, masyarakat sedang giat menata lingkungan masing-masing. Semuanya untuk menyambut HUT RI ke 70 ini,”pungkas Undang.(Iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: