» » » » Indonesia Merdeka 70 Tahun, Belasan Ribu Napi di Jabar Dapat Remisi


SJO BANDUNG - 70 Tahun Indonesia merdeka membawa berkah tersendiri bagi para Narapidanan, Hari ini, 17 Agustus 2015, belasan ribu Narapidana dan Anak Pidana terpilih di Jawa Barat mendapatkan haknya untuk menerima remisi.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar hadir sebagai Inspektur Upacara dalam rangka Penyerahan SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pemberian Remisi Umum Tahun 2015 kepada Narapidana dan Anak Pidana yang telah memenuhi persyaratan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banceuy Bandung.

Usai upacara, Deddy mengungkapkan bahwa remisi sangat baik bagi perkembangan Narapidana di masyakarat.

"Dalam kesempatan ini kan bukan hanya remisi (pemotongan masa tahanan) saja, tapi ada juga remisi sekaligus pembebasan. Nah ini bagaimana mereka kembali ke masyarakat atau bisa juga berkontribusi terhadap pembangunan di Bangsa ini," pungkas Deddy.

Remisi merupakan instrumen yang dapat merubah perilaku narapidana untuk berperilaku baik selama menjadi pidana. Remisi juga dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, pemberian remisi ini diharap mampu menjadi motivasi dan kesempatan bagi para Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan untuk menjadi insan yang lebih baik dan taat hukum.

Dari jumlah 18.467 orang penghuni UPT Pemasyarakatan di Jawa Barat, Narapidana yang mendapatkan Remisi Umum sebanyak 11.737 orang yang terdiri dari Remisi Umum I sebanyak 11.257 orang, dan Remisi Umum II sebanyak 480 orang (langsung bebas hari ini). Besaran Remisi Umum adalah 1 bulan s/d 6 bulan.

Adapun Narapidana yang mendapatkan Remisi Dasawarsa 2015 sebanyak 12.991 orang yang terdiri dari Remisi Dasawarsa (RD) I sebanyak 12.608, dan Remisi Dasawarsa (RD) II sebanyak 383 orang yang langsung bebas hari ini. Sedangkan besaran Remisi Dasawarsa adalah 1/12 bulan dari hukuman 1 hari hingga 3 bulan.

Tidak semua Narapidana mendapatkan remisi, karena syarat mendapatkan remisi diantaranya telah menjalankan masa pidana minimal 6 bulan, berkelakuan baik, serta syarat lainnya sebagaimana diatur dalam PP 99 Tahun 2012.(R/Dn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: