» » » Empat Pilar Kebangsaan, Modal Utama Pembangunan Negara

SJO BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengikuti Sesi Penutupan Training of Trainers (TOT) Sosialisasi Empat Pilar untuk TNI/Polri diselenggarakan kembali di Hotel Grand Pasundan, pada Minggu malam (30/8).

Empat pilar MPR yang dimaksud terdiri dari, Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Wakil Ketua MPR Muhammad Hidayat Nur Wahid mewakili Ketua MPR RI mengatakan, Empat Pilar tersebut adalah prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yang sejak berdirinya Negara ini telah disepakati secara bersama keberadaannya.

Tentunya, Empat Pilar kebangsaan ini adalah modal utama pembangunan bangsa. Dengan prinsip ini, persatuan dan kesatuan akan tumbuh di negeri Indonesia yang majemuk ini.

“Tentu saja, kehidupan kita baik dalam bentuk pribadi, profesi, apalagi berbangsa dan bernegara tidak akan mungkin terselenggarakan dengan baik dan maksimal kalau kita semuanya tidak memahami terkait dengan prinsip-prinsip yang telah kita sepakati secara bersama.” Ungkapnya.

Empat Pilar MPR sebagai prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara adalah penjamin kelanjutan bangsa. Tentunya, penyelenggaraan TOT ini merupakan solusi konstruktif dan strategis guna penyegaran dan pendalaman pemahaman empat prinsip tersebut.

Sementara itu, sejalan dengan Hidayat, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dalam sambutannya mengatakan, persatuan dan kesatuan bangsa memang akan tercipta dengan memahami empat pilar kebangsaan itu. Dimana juga pada akhirnya, dapat menjadi modal pembangunan negara yang merupakan cita-cita seluruh elemen bangsa.

"Dengan terbangunnya kebersamaan persatuan dan kesatuan seperti itu, maka sesungguhnya kita telah memiliki salah satu modal utama untuk mencapai keberhasilan pembangunan di segala bidang, sehingga dengan di dukung kerja keras dari semua pihak, Insya Allah cita-cita untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur dapat tercapai." Paparnya.

Selain itu Wagub pun berharap, peserta training dapat menjadi agen perubahan untuk menegakan kesadaran masyarakat, mengenai pentingnya Empat Pilar Kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karena menurutnya, Empat Pilar MPR RI tersebut dapat merefleksikan berbagai watak dan karakter bangsa Indonesia yang ada. Sehingga empat prinsip kebangsaan tersebut dapat difungsikan sebagai alat juga kekuatan pemersatu.

Turut Hadir pada penutupan tersebut, Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono mewakili Panglima TNI, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Moechgiyarto mewakili Polri, Wakil Asisten teritorial, Pimpinan DPRD, Sekertariat Jenderal, dan para peserta.(R)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: