» » » Amankan Pilkada Pangandaran, Polres Ciamis Lakukan Gelar Pasukan

 

SJO PANGANDARAN - Kepolisian Resor Ciamis, Jawa Barat, melakukan apel atau gelar pasukan untuk kesiagaan pengamanan Pilkada Pangandaran 2015 di Lapangan Merdeka Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Senin (24/08).

Gelar pasukan yang di beri nama Operasi Mantap Praja Pangandaran 2015 ini, melibatkan ratusan personel TNI, dishub, satpol PP, linmas serta jajaran instansi terkait itu dipimpin oleh Kapolres Ciamis AKBP Hari Santoso SIK dan dihadiri Pj Bupati Pangandaran Drs. H. Daud Ahmad.

"Apel siaga ini untuk mengetahui kesiapan akhir dalam melakukan pengamanan pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2015," kata Kapolres dalam pidato sambutannya.

Di hadapan ratusan pasukan gabungan tersebut, Hari sempat berbicara terkait pendidikan politik bagi masyarakat Pangandaran.

Kapolres katakan, bahwa dalam kehidupan demokrasi, setiap warga negara berhak mendapat ruang untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat, termasuk dalam kehidupan politik.

Pilkada merupakan sarana demokrasi untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk sistem pemerintahan daerah yang berlegitimasi dan berkedaulatan rakyat.

"Karena itu tugas kita semua untuk memastikan pesta demokrasi ini berjalan lancar. karena kepala pemerintahan yang lahir dari hasil pilkada merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat," ujarnya.

Lebih lanjut Hari mengatakan berbagai potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapannya termasuk tindak pidana yang harus dapat dikelola dan ditangani oleh aparat penegak hukum secara profesional, transparan dan akuntabel, sehingga setiap pelanggaran yang terjadi dapat diselesaikan dengan tuntas.

Mencermati tantangan tugas dalam pengamanan pilkada berupa gangguan kamtibmas dan beragam ancaman yang mungkin terjadi, Kapolres Ciamis mengimbau agar semua pihak meningkatkan kerjasama dan bersinergi.

"Pola pengamanan yang diterapkan harus bisa memberikan rasa aman baik kepada para penyelenggara dan peserta pilkada, serta menjamin terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif sampai akhir proses pesta demokrasi tersebut," tegasnya. (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: