» » » » PT. Alba Banjar Ludes Dilalap Si Jago Merah

SJO BANJAR -  PT Albasi Parahyangan Lestari (APL) atau lebih dikenal dengan sebutan PT Alba, ludes terbakar, Jum’at (3/7/2015) malam.   

Kebakaran yang menimpa pabrik ydi Batulawang, Lingkungan Tanjungsukur, Keluarahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat tersebut, menimbulkan kepanikan .

Pasaaalnya aat gudang terbakar, ribuan karyawan tengah bekerja. Mereka pun lantas berhamburan keluar pabrik menyelamatkan diri. Tujuh unit mobil pemadam kebakaran pun  diturunkan.

Menurut keterangan Kapolres Banjar, AKBP Novri Turangga E, M.H., M.Si., api mulai berkobar sekitar pukul 19.30 WIB. Api membakar tempat pengeringan kayu dan gudang yang banyak menyimpan bahan kimia kayu putih

“Sedangkan untuk kerugian atas peristiwa tersebut, masih diinventarisir, namun diperkirakan mencapai miliaran rupiah,”Kata Novri.

Aparat kepolisian, TNI, BPBD Kota Banjar dan karyawan berusaha memadamkan api. Mereka mengevakuasi keluar jerigen-jerigen yang berisi bahan kimia yang mudah terbakar.

“Gudang terpaksa kita jebol untuk mengevakuasi bahan kimia yang mudah terbakar di dalam gudang. Kebetulan gudang itu terdapat banyak bahan kimia,” terang Kapolres.

Untuk menjinakan si jago merah, tujuh unit mobil pemadam kebakaran diturunkan. Tim pemadam kebakaran tersebut berasal dari pemkot Banjar, Penkab Ciamis dan Pemkot Tasikmalaya. Namun  akibat banyaknya masyarakat yang menontot dan tengah berlangsung proses evakuasi di TKP, jalan Banjar-Pangandaran dari kedua arah mengalami kemacetan.

Saat ini api telah padam, menyisaka puing-puing sisa kebakaran Lokasi pun telah dipasang garis polisi. Mengenai penyebab kebakaran, saat ini sedang ditangani Aparat Polres Banjar .

Sementara itu Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari lokasi kejadian, kebakaran diduga berasal dari ruangan pengopenan kayu  yang diduga mengalami suhu panas yang tinggi sehingga membakar stock kayu kering yang terdapat didalamnya.

“diduga akibat dari penguapan panas yang terlalu tinggi, sehingga kayu kering yang ada didalamnya terbakar,”Kata Usman seorang karyawan PT Alba disela-sela usaha pemadaman.

“Peristiwa kebakaran di PT Alba, bukan kali ini saja terjadi,  namun jumat mala mini merupakan kejadian yang terbesar.”katanya (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: