» » » Pemahaman Generasi Muda Terhadap Ideologi Pancasila Kian Menipis

SJO KARAWANG-Pemahaman generasi muda, pelajar dan mahasiswa terhadap ideologi Pancasila dewasa ini kian menipis dan perlu lebih disosialisasikan. Padahal, ideologi Pancasila, tidak bisa dilupakan bagi segenap warga Indonesia, karena hal ini adalah menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara.Penilaian itu disampaikan Dosen Ilmu Administrasi Negara Universitas Djuanda Bogor Dr H Nandang S Zensu Msi di Karawang.

"Jadi, setiap warga atau bangsa Indonesia harus tetap memegang teguh dan memahami nilai-nilai ideologi Pancasila dan jangan sampai dilupakan apalagi ditinggalkan," katanya kepada SJO (1/7)

Nandang mengatakan, untuk lebih meningkatkan dan mencintai Pancasila dikalangan generasi muda dan pelajar, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan harus lebih gencar menyosialisasikannya.

Dengan cara mengadakan berbagai penataran, ceramah dan bimbingan mengenai ideologi Pacasila kepada pemuda, pelajar dan masyarakat.

Ia menambahkan, pemerintah perlu melaksanakan kembali penataran mengenai Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P-4), karena hal ini dapat mempertahankan nilai-nilai Pancasila.

Kemudian, pemerintahan yang baru terpilih dapat membentuk kembali BP-7 (Badan  Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) untuk melaksanakan penataran dan pembudayaan P-4 bagi seluruh warga Indonesia.

“Melalui penataran P-4 ini, diharapkan semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaan generasi muda, pelajar/mahasiswa semakin tinggi dan kuat, sehingga tidak akan mudah terpengaruh dengan berbagai budaya asing,”terangnya

Selain itu menurut Nandang  para generasi muda, pelajar/mahasiswa mimiliki jiwa patriotisme yang kuat dan tetap membela, serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).(Sty)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: