» » » Menteri Agraria Resmikan Layanan Pertanahan On Line

SJO BANDUNG–Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan Minggu sore (5/7) meresmikan layanan pertanahan on line di Kantor Badan Pertanahan Jawa Barat Jl. Soekarno Hatta Bandung sambil berbuka puasa berasama jajaran BPN se-Jabar. Layanan pertanahan online itu diresmikan untuk wilayah Jawa Barat.

“Ini terobosan yang seharusnya sejak lama kita lakukan, untuk mempermudah masyarakat mengurus administrasi pertanahan untuk wilayah Jawa Barat” katanya.

Menurut Ferry, layanan on line ini selain memberi kemudahan akses, juga menjamin kecepatan pengurusan tanpa harus datang ke kantor BPN.

“Dampaknya dua, yaitu kemudahan untuk masyarakat, dan juga kepastian data base di kantor BPN setempat. Karena layanan online ini intinya bukan hanya pada perangkat IT nya tetapi juga pada data base yang akurat” ujarnya.

Ada 15 item layanan pertanahan yang sudah bisa dilayani secara online di Jawa Barat, antara lain Peralihan Hak –Jual Beli, Peralihan Hak-Pewarisan, Peralihan Hak-Hibah, Hak Tanggungan, Marger Hak Tanggungan, dan Pengecekan Sertifikat.

Bisa Diurus di Outlet

Ferry Mursyidan Baldan menegaskan, layanan pertanahan ke depan harus menjemput bola atau mendekatkan layanan ke maysarakat.

“Kedapan, selain kita sediakan layanan BPN mobile dengan program Larasita, kita juga bisa membuka outlet bekerjasama dengan kantor pos, mini market dan lain-lain yang mudah terjangkau masyarakat” ujarnya.

Namun menurut Ferry hal itu baru bisa dilakukan jika data base adminsitrasi dan data pertanahan di kantor BPN sudah mapan.

“Jadi kembali, initinya adalah di data base yang akurat, dan itu sudah dan sedang kita lakukan terus di setiap kantor BPN di seluruh Indonesia sekarang” katanya.

Menurut Ferry Mursyidan Baldan, nantinya, dimanapun masyarakat mengurus administrasi pertanahan bisa dilayani dengan data base yang akurat di kantor BPN. (rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: