» » » » » Masyarakat Menuding, Kebakaran TPA Purbahayu Disengaja


SJO PANGANDARAN - Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Purbahayu terbakar. Kepulan asap terus menyebar hingga radius 5 kilometer. Sedang titik api hingga kini belum ada tanda-tanda 8akan padam.

Pantauan seputarjabar.com Minggu, (05/07) dilokasi, asap akibat sampah yang terbakar tampak masih mengepul. Masyarakat pengguna kendaraan yang melintasi dilokasi tersebut harus merasakan sesak karena menahan nafas dan pedih matanya akibat asap.

Sementara itu, penyebab kebakaran dilokasi seluas 3.7 hektare itu menimbulkan berbagai dugaan. Pemerintah berdalih kebakaran dilakukan oleh orang gila. Sementara masyarakat menuding kebakaran tersebut disengaja untuk mengurangi volume sampah.

Kepala Bidang Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Dispuhubkominfo Kabupaten Pangandaran Salimin mengatakan dari hasil penyelidikan pihaknya, penyebab kebakaran tersebut akibat ulah orang gila yang membakar sampah disebelah timur

Salimin juga mengakui hingga kini pihaknya belum memiliki alat pengolahan sampah, sehingga kami hanya membuang ke TPA Purbahayu.

“Saat musim kemarau seperti sekarang ini, memang riskan terjadi kebakaran. Kebakaran dilokasi TPA Purbahayu bukan kali ini terjadi, tapi ini yang terbesar,”ujarnya.

Namun masyarakat menuding kebakaran tersebut disengaja untuk mengurangi volume sampah.

Seperti halnya, Rasim (48), tokoh masyarakat setempat  kepada seputarjabar.com mengatakan, kalau penyebab kebakaran di TPA Purbahayu memang dilakukan dengan sengaja, “Saya yakin ini disengaja untuk mengantisipasi libur lebaran, dimana volume sampah kiriman dari objek wisata Pantai Pangandaran akan besar.”katanya.

“Mestinya dicari solusi lain dan jangan memakai cara mudah tapi merugikan masyarakat.”tegasnya (Iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: