» » JOKOWI PRESIDEN, PERUBAHAN, DAN PIL PAHIT BAGI INDONESIA Diagnosa, Dan Tujuan Serta Efek sampingnya bagi kehidupan bangsa

                     Oleh : Eko Ismadi*)

Di beberapa kesempatan dalam konfrensi Pers dan wawancara dengan wartawan Presiden Jokowi selalu menyampaikan pernyataan”PIL PAHIT.” Sepanjang sejarah obat dan pengobatan yang bisa menyembuhkan sakit pasti pil pahit. Sedang yang pil rasa manis tidak untuk yang dewasa tapi untuk anak-anak. Namun dibalik PIL PAHIT yang di sampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi adalah sebuah harapan yang baik untuk kita karena dengan pernyataan itu maka konotasi kita yang mendengarnya adalah Presiden Jokowi sudah dapat meniagnosa jenis penyakit bangsa dan Negara Indonesia, kemudian sudah bisa menentukan jenis obatnya minimal obat yang rasanya pahit. Untuk itu kita patut bersykuru kepada Tuhan karena Presiden Jokowi sudah dapat memberikan kepada rakyat Indonesia tentang kehidupan yang lebih baik.
Sikap Presiden tersebut Patut untuk diberi pujian karena selama beliau menjabat belum pernah ada komentar Positif tentang kebijaksanaan yang beliau gulirkan sebagaimana pemberitaan media pers selama ini beritakan. Hanya saja rakyat saat ini masih menunggu apa mannfaat PIL PAHIT itu ? Tujuannya untuk Apa ? Adakah efek sampingnya ? Rakyat Indonesia dan kita semua tidak akan banyak memikirkan manfaat dan Tujuannya karena setiap kita pasti sudah mengetahui manfaat dan tujuan minum obat yaitu ingin sembuh dari sakit. Hanya yang masih dapat dikuwatirkan adalah apakah obat tersebut memiliki efek samping ? Penyakit yang diderita pasien sembuh tetapi namun timbul persoalan lain dalam organ tubuh misalnya rambut rontok dan sakit lambung karena pengaruh obat yang diminum atau permasalahan lain alergi.

DIAGNOSA
Dianogsa adalah kemampuan seseorang atau profesi medis untuk menentukan jenis penyakit yang diderita oleh seorang pasien. Dalam hal ini berarti Bapak Presiden Jokowi sudah dapat secara dini mendiagnosa penyakit yang diderita oleh bangsa Indonesia. Penyakit yang dimaksud adalah penyakit kebangsaan antara lain moral, cinta tanah air, semangat untuk berjuang, dan mempertahankan persatuan dan kesatuan, pentingnya kemananan, kententraman, dan stabilitas politik, serta stabilitas keamanan Negara Kesatuan Indonesia.
Mari kita semua berdoa dan mengucap syukur akan kebrhasilan Bapak Presiden Jokowi tersebut dalam mendiagnosa penyakit kebangsaan yang selama ini diderita oleh bangsa Indonesia. Karena dengan penyakit kebangsaan Indonesia tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita dan ekonomi menjadi terpuruk. Akibat lain yang diderita adalah kita lecehkan oleh Negara tetangga Malaysia dan Singapura yang not bene wilayahnya hanya satu Pulau di Indonesia. Kewibawaan ini harus segera dapat kita bangun dan disembuhkan dengan PIL PAHIT Presiden Jokowi.

MANFAAT DAN TUJUAN MINUM OBAT
Manfaat. Tinjauan dari manfaat bukan definisi atau arti kata manfaat yang kita ulas disini akan tetapi bagaimana Bapak Presiden Jokowi dapat memahami tentang obat dan manfaatnya yang akan digunakan penyebuhan penyakit bangsa Indonesia tersebut. Maka ketika PIL PAHIT tersebut diminum bangsa dan rakyat Indonesia tidak menderita sakit lagi tidak mengeluh sakit lagi bisa bebas melakukan aktivitasnya.
Tujuan. Sama dengan ulasan manfaat tujuan yang dilakukan atau direncakan oleh Bapak Presiden Jokowi harus memuat empat hal yaitu waktu lama pengobatan, metode pengobatannya, besar biaya pengobatan, dan Dokter mana atau siapa yang mengobati? Contoh ketika Era Presiden Soekarno memiliki permaslahan dengan berbagai ragam model dan bentuknya seperti masalah citra yang menurun dan masalah anggaran serta prioritas program pembangunan pada masa itu. Kemudian kemunculan orde Baru dimana Soeharto tampil sebagai pemimpin penyakit yang diderita oleh pemerintahan Soekarno pada masa itu sembuh dan selesai tidak lagi menjadi beban Pemerintahan Presiden Soeharto. Maka dengan leluasa Presiden Soeharto dapat menentukan arah dan kebijaksanaan pembanguna sebagaimana yang kita rasakan selama ini. Apakah Bapak Presiden Jokowi bisa melakukan hal tersebut? Mari kita berdoa semoga dapat melakukannya.!

EFEK SAMPING
Setiap pasien yang menerima obat dari dokter akan selalu bertanya,”Ada efek sampingnya nggak Dokter?” Demikian pula kita sebagai bangsa dan warga Negara Indonesia ketika menerima PIL PAHIT dari Bapak Presiden Jokowi akan mengajukan pertanyaan yang sama,”Bapak Presiden PIL PAHITnya ada Efek sampingnya nggak ?” Karena PIL PAHIT itu belum tahu seperti apa ? Maka efek sampingnya juga belum bisa diketahui terlebih dapat dirasakan oleh bangsa dan rakyat Indonesia.
Namun sebagai bangsa dan rakyat Indonesia ingin menyampaikan saran dan pendapat mungkin saja ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak Presiden dalam memilih dan menentukan PIL PAHIT yang akan digunakan untuk menyembuhkan penyakit bangsa tersebut. Kita tidak menyarankan jenis obatnya karena saya bukan dokter, bukan tabib, bukan ahli pengobatan alternative, dan juga bukan paramedic sehingga saya tidak berani menyarakan tentang jenis obat. Tetapi disini yang kami sarankan adalah efek samping yang ditimbulkan itu yang harus dihindari, terganggunya stabilitas keamanan dan stabilitas politik nasional, terganggunya kelangsungan dan kelestarian hidup bangsa, serta persatuan dan kesatuan Indonesia.

Idiologi. Jangan menggunakan obat yang dapat menimbulkan keguncangan dan terganggunya idiologi Pancasila. Efek samping ini harus dihindari Bapak Presiden ingin memberikan PIL PAHIT penyakit lain sembuh tetapi masalah baru bangsa muncul. Yaitu timbulnya polemic akan keberadaan Pancasila sebagai dasar Negara. Ini juga harus dihindari.

Politik. Memberi kesempatan adanya pemikiran idiologi politik yang tidak sejalan dengan Pancasila. Atau memberi kesempatan untuk berkembang idiologi Politik yang menentang Pancasila. Dapat pula Pemahaman politik yang ingin mengubah atau membangun sistim politik baru yang menggantikan sistim yang sudah ada seperti sekarang ini.

Sikap Kedaerahan. Sebagaimana yang telah dilakukan Presiden Gus Mengubah beberapa Wilayah dengan memunculkan sikap kedaerahan justru akan menjadi pupuk subur bagi disintegrasi bangsa. Akibatnya loyalitas dan ketaatan terhadap pemerintahan pusat menjadi terhambat dan kurang harmonis.

Sumber Ekonomi. Membangun sumber ekonomi nasional yang tidak berorientasi pada kemandirian pangan dan kemandirian pengolahan Sumber Daya Alam dan kekayaan Laut Justru akan menimbulkan dampak dan pengaruh negatip bagi Lingkungan dan kehidupan rakyat. Akan memicu konflik social dan horizontal.

Demikian ulasan ini dtulis semoga bermanfaat bagi bangsa dan rakyat Indonesia. Tentu banyak kekurangan dalam uraian dalam tulisan ini. Namun secercah cahaya harapan kami tulisan ini ada manfaatnya. Kesimpulan dari uraian diatas adalah semoga Bapak Presiden Jokowi dapat menentukan obat atau PIL PAHIT untuk menyembuhkan penyakit bangsa tidak memiliki efek samping yang dapat mengngganggu stabilitas politik dan keamanan serta terjaminnya kelestarian dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
Karena bukan dokter dan bukan ahli medis tentu kami sangat menghiundari istilah medis dalam tulisan ini. Akan tetapi tentunya kami masih memperhatikan dan keutuhan eseinsi dari tuliasan ini. Kami juga bangga dengan diagnose yang telah bapak tetapkan bagi penyakit bangsa ini semoga harapan kami Bapak Presidan segera menemukan jenis obat yang tepat, dan efek samping yang tidak memngganggu kelangsungan hidupan bangsa. Tetapi justru membuat kita bahagia dan gemuk seperti dulu lagi. Meeeeeeeeeeeeeeerdeka !!! NKRI Harga Mati !!!!!

*) Penulis adalah pengamat sejarah.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: