» » » Chef de Mission Meeting, Awali Rangkaian PON XIX & Peparnas XV 2016


SJO BANDUNG – Panitia Besar (PB) PON XIX & Peparnas XV Tahun 2016 Jawa Barat menyelenggarakan Chef De Mission (CdM) Meeting, pada Kamis malam (30/7) di Amantapura Grand Ballroom, Grand Royal Panghegar Hotel & Convention, Jl. Merdeka Kota Bandung. Pertemuan para Ketua/Calon Ketua Kontingen dari 34 Provinsi ini merupakan rangakaian awal dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX & Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV Tahun 2016 di Jawa Barat.

Hadir dalam acara ini Ketua PB PON XIX & Peparnas XV 2016 Jawa Barat, yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Dalam sambutannya, Aher mengatakan CdM Meeting merupakan bagian dari persiapan para kontingen PON & Peparnas dari seluruh Indonesia.

“Ini adalah CdM Meeting yang pertama. Kedepan mungkin ada 3 sampai 4 kali CdM Meeting yang lain,” ungkap Aher.

“Pertemuan yang pertama ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengkonfirmasi kesiapan keikutsertaan kontingen PON dan Peparnas dari seluruh provinsi di Indonesia sebagai tindak lanjut dari undangan kami selaku Ketua Umum PB PON dan Peparnas 2016 Jawa Barat kepada para Gubernur se-Indonesia yang telah disampaikan pada bulan Maret 2015 yang lalu,” papar Aher.

CdM Meeting ini juga untuk menggalang komunikasi sejak dini dengan para pimpinan Kontingen peserta PON dan Peparnas, agar koordinasi persiapan PON & Peparnas 2016 dapat berjalan lancar.

Selain itu, akan disampaikan pula sosialisasi persiapan penyelenggaraan Babak Kualifikasi PON serta sosialisasi PON XIX & Peparnas XV 2016 Jawa Barat kepada pimpinan pemerintah daerah dan pembina olahraga di setiap Provinsi, serta seluruh masyarakat Indonesia.

CdM Meeting akan digelar mulai 30 Juli – 1 Agustus 2015. Selama tiga hari tersebut para peserta akan mengikuti kegiatan dari Kemenpora, Ketua Umum KONI Pusat, dan Ketua Umum NPCI Pusat.

Pada hari kedua, peserta akan mengikuti paparan Timwasrah KONI Pusat dan NPCI Pusat, serta paparan bidang-bidang PON XIX dan Peparnas XV serta diskusi. Sementara pada hari ketiga akan diisi dengan kunjungan lapangan ke venue pertandingan PON & Peparnas yang berlokasi di Kota Bandung.

Informasi yang akan dibahas dalam CdM Meeting ini antara lain: informasi mengenai waktu pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV Tahun 2016, penyampaian ketetapan mengenai jumlah dan nama cabor, nomor pertandingan, kuota atlet, venue cabor dan persebaran lokasinya, fasilitas akomodasi, konsumsi, transportasi, layanan kesehatan, informasi mengenai penyelenggaraan Babak Kualifikasi PON, tata cara registrasi/pendaftaran Kontingen PON dan Peparnas, serta informasi mengenai cabor eksibisi PON.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman mengatakan bahwa Jawa Barat akan menjadi tuan rumah PON yang kedua kalinya setelah tahun 1961 atau 54 tahun lalu menjadi tuan rumah PON V.

Tono pun berharap penyelenggaraan PON XIX akan membawa keberhasilan bagi atlet Indonesia untuk berlaga di ajang Asian Games XVIII Tahun 2018 yang akan digelar di Indonesia.

“Bila tahun 1961 diselenggarakan PON kelima adalah satu tahun menjelang Asian Games kedua tahun 1962 yang sekaligus sebagai ajang selekasi atlet untuk diterjunkan pada multievent olahraga Asia tersebut dan berhasil menduduki peringkat kedua dalam perolehan medali emas,” ujar Tono.

“Sementara PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat ini juga menjelang kita menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-18 tahun 2018 yang diharapkan hasil dari PON ke-19 juga membawa keberhasilan kita semua sebagai tuan rumah Asian Games yang nantinya akan diselenggarakan di Indonesia tahun 2018,” tambah Tono dalam sambutannya.

PON XIX dan Peparnas XV Tahun 2016 Jawa Barat, merupakan PON dan Peparnas terbesar dibanding penyelenggaraan sebelumnya, dengan mempertandingkan 44 cabang olahraga ditambah 10 cabor eksibisi, 775 nomor pertandingan yang diikuti oleh hampir 13.000 atlet dan official. Sedangkan Peparnas XV akan mempertandingkan 13 cabang olahraga, 620 nomor pertandingan yang diikuti 320 atlet dan official.

Pembukaan CdM Meeting tersebut turut dihadiri pula oleh Deputi Prestasi Kementerian Pemuda & Olahraga RI, Ketua Umum NPCI Pusat, Wakil Gubernur Jawa Barat, Plt. Sekda Jawa Barat, perwakilan BPKP RI, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Jawa Barat, Kepala BPKP Jawa Barat, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sulawesi Barat, serta perwakilan Gubernur seluruh Indonesia, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jawa Barat, Jajaran PB PON XIX & Peparpenas XV Tahun 2016 Jawa Barat, para Bupati/Walikota di Jawa Barat selaku Ketua Sub PB PON XIX dan Peparnas XV Kabupaten/Kota, para Ketua KONI Provinsi & Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, para Ketua NPCI se-Indonesia, Ketua dan Calon Ketua Kontingen dari 34 Provinsi.

Selain itu, hadir pula para atlet berprestai asal Jawa Barat dan legenda atlet nasional Ivana Lie & Robby Darwis. Acara yang dipandu oleh Tina Talisa dan Farhan ini pun semakin meriah dengan penampilan dari diva Indonesia, Vina Panduwinata.(R/Dn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: