» » » Babinsa Koramil 1605/ Kertasemaya Serbu Sungai Cimanuk

SJO, CIREBON – Musim kemarau tiba, kekeringan ancam kegagalan panen padi di wilayah Indramayu. TNI tetap konsisten berupaya dukung wujudkan swasembada pangan di Indonesia, untuk itu para prajurit yang bertugas di daerah langsung berinisiatif atasi masalah kekeringan. Di wilayah Indramayu masih terdapat sungai yang cukup menyuplai air, yaitu sungai Cimanuk.

Dalam rangka mengatasi kekeringan dan gagal panen, puluhan Babinsa koramil 1605/Kertasemaya Kodim 0616/Indramayu gelar serbuan teritorial di Sungai Cimanuk. Para Babinsa berupaya menyedot air dari sungai, memperbaiki saluran irigasi dan juga membuat sodetan sungai Sungai Cimanuk, di desa tulung Agung Kec. Kertasemaya Kab. Indramayu.

Saat meninjau sungai dan bendungan di wilayah Kodim 0616/Indramayu pada hari Kamis 2 Juli 2015, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Sutjipto mengatakan bahwa  untuk mengatasi kekurangan air dan kekeringan di wilayan Kabupaten Indramayu, dilakukan upaya pompanisasi (pengoperasian pompa air) serta pemasangan pipa untuk saluran penyedotan air (pipanisasi) juga pembuatan sodetan sungai Cimanuk. Sungai Cimanuk yang masih menyuplai cukup air, masih dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah selama musim kemarau, serta lahan pertanian padi yang kekurangan air didaerah Indramayu,

Menurut Sutjipto dengan mengoperasikan sebanyak 50 pompa air, diharapkan masih bisa diselamatkan minimal 20 %, hasil produksi lahan pertanian,  namun jika pengaturannya dapat optimal tentunya lebih banyak lagi hasil panen yang dapat dihasilkan.

Demi tertib dan lancarnya pengaturan pembagian dan penyaluran irigasi pertanian, Danrem 063/SGJ memerintahkan para Babinsa untuk langsung ambil bagian dalam pemeliharaan dan pembagian air. Hal tersebut untuk menggantisipasi adanya pihak-pihak yang mencoba mengacaukan situasi. (Pendam III/Siliwangi)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: