» » » » Aher: Zakat Instrumen Pengentasan Kemiskinan & Penggerak Perekonomian

SJO, BANDUNG - Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap kaum muslimin dalam rangka mensucikan diri dan harta yang dimiliki. Tidak hanya itu, Zakat pun memiliki peranan untuk memberantas kemiskinan serta menggerakkan perekonomian bangsa.

Dalam acara Hari Zakat Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Ramadhan, yang kali ini dihelat di Masjid Al-Muttaqien Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung pada Selasa sore (14/7), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa zakat memiliki potensi besar sebagai instrumen pengentasan kemiskinan dan penggerak perekonomian bangsa.

"Zakat instrumen penting negara dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan penggerak perekonomian bangsa," kata Aher dalam sambutannya.

"Zakat juga selain mensucikan, namun memiliki makna dalam mengembangkan atau melipatkan gandakan rizki seseorang," tambah Aher.

Sementara itu, Kepala Baznas Provinsi Jawa Barat Arif Ramdhani mengungkapkan bahwa peringatan Hari Zakat Nasional yang baru digelar untuk yang kedua kalinya ini mengambil tema "Indonesia Berzakat, Zakat sebagai Penggerak Ekonomi Bangsa". Menurut Arif, peringatan ini sebagai upaya untuk mensosialisasikan serta mengingatkan zakat kepada kaum muslimin.

"Peringatan hari zakat ini sebagai upaya untuk mensosialisasikan zakat kepada masyarakat agar bagi mereka yang sudah mampu untuk menunaikan zakat," ungkap Arif dalam sambutannya.

Potensi zakat nasional mencapai Rp 217 Triliun. Dan Rp 17 Triliun diantaranya berada di Jawa Barat atau potensi terbesar secara nasional. Namun, di Jawa Barat sendiri potensi tersebut baru dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga Zakat hanya sekitar Rp 3 Triliun.

Selain di Bandung, peringatan Hari Zakat Nasional tahun ini juga digelar di 9 kota lainnya. Dalam acara peringatan Hari Zakat Nasional ini, Aher juga secara simbolis memberikan paket buka Puasa serta santunan dan berbuka Puasa bersama 500 Anak Yatim.

Turut hadir serta mendampingi Gubernur Jawa Barat dalam acara ini, Wakil Gubernur Jawa Barat serta Giselawati Mizwar, Ketua Forum Zakat Wilayah (Fozwil) Jabar, Plt. Sekda Jawa Barat, Asisten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jabar, serta pimpinan lembaga Zakat di Jabar.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: