» » Wagub: Hari Nusantara Momentum Kebangkitan Maritim

SJO, CIREBON – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap peringatan peluncuran Hari Nusantara menjadi momentum untuk lebih meningkatkan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai kelautan, pemanfaatan, kelestarian dan perlindungan serta pengelolaan wilayah laut dan lingkungannya secara terpadu, demi terwujudnya pembangunan berkelanjutan yang dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan khususnya nelayan dan masyarakat pesisir.

Ini diutarakannya saat menghadiri Peluncuran Hari Nusantara Ke-15 Tahun 2015 di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan Cirebon, Senin (1/6). Peluncuran Hari Nusantara Ke-15 yang bertemakan “Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral Untuk Pembangunan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Guna Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa, juga dihadiri oleh Menteri ESDM Sudirman Said, Gubernur Aceh Zaini Abdulah dan Walikota Cirebon Nasrudin Azis.

Menurut Wagub, dipilihnya Kota Cirebon sebagai tempat peluncuran menurut Wagub sangatlah tepat, karena memiliki nilai sejarah yang panjang tentang kemaritiman. Selain itu, tokoh dibalik lahirnya Hari Nusantara ini yaitu Djuanda Kartawidjaja yang dikenal dengan peristiwa Deklarasi Djuanda tahun 1957 yang juga  merupakan tokoh asal Jawa Barat.

“Kami merasa memiliki keterkaitan emosi yang sangat kuat dengan hari Nusantara karena ditetapkan berdasarkan pertimbangan peristiwa sejarah pada 13 Desember 1957, yaitu Deklarasi Djuanda yang kebetulan beliau adalah tokoh nasional kelahiran Jawa Barat,” ujar Wagub.

Puncak peringatan Hari Nusantara Ke-15 Tahun 2015 akan diselenggaarakan di Banda Aceh 13 Desember mendatang dan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: