» » » » Sulitnya Merekrut Anggota KPPS di Pilkada Pangandaran 2015


SJO PangandaranPanitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa di Kabupaten Pangandaran mengaku bakal kesulitan merekrut panitia adhoc pemilihan umum untuk anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Dalam ketentuan PKPU terbaru, masyarakat yang pernah menjadi KPPS, PPS, dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) selama dua periode pemilihan kepala daerah (pilkada) tidak diperbolehkan lagi menjadi anggota.

“Kami kurang tahu pertimbangan KPU pusat mengenai hal ini. Mungkin untuk penyegaran serta menjaga integritas dan independensi anggota panitia, Tapi mestinya dipertimbangkan juga sulitnya mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang memadai bagi KPPS yang akan bertugas di tempat pemungutan suara [TPS],” Kata H.Sartoyo, S.Pd, Ketua PPS Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kepada Seputarjabar.com, Selasa (16/06).

Menurut Sartoyo, untuk mendapatkan SDM yang bisa menjadi penitia pemungutan suara di tingkat RT/RW tidaklah mudah. “Kami akan mengkomunikasikan masalah ini dengan KPU Kabupaten Ciamis dan Pangandaran melalui PPK agar ada solusi bersama. Setidaknya kepala desa bisa membantu perekrutan.”

Hal senada diungkapkan, Ruswan Hartanto, Ketua PPS Desa Pagergunung, Kecamatan Pangandaran,” Untuk mendapatkan 7 orang anggota KPPS di tiap TPS bukan perkara mudah. Selain SDM yang kurang juga karena ini adalah pilkada pertama di Kabupaten Pangandaran maka kami memerlukan anggota KPPS yang sudah terlatih, agar tingkat kesalahan dalam pemungutan suara dapat diminimalisir,”jelasnya.

“Selain itu minat masyarakat untuk menjadi anggota KPPS sangat kurang. Makanya selama ini kami menggunakan orang-orang lama dan kalaupun ada pergantian hanya sebatas beberapa orang saja,”tegasnya.

Sementara itu, Dindin, Ketua PPK Kecamatan Pangandaran menjelaskan klausul dua periode yang disebutkan dalam ketentuan tersebut patokannya adalah pilkada. 

“Jadi, kalau sudah pernah menjadi panitia dalam pilkada 2005 dan 2010, tahun ini sudah tidak bisa ikut dan beri kesempatan pada yang lain. Kalau jadi panitia pada pilkada 2010 dan panitia saat pileg dan pilpres 2014, tahun ini masih bisa jadi panitia.”jelasnya

“Sementara keluhan dari anggota PPS ditingkat Desa se Kecamatan Pangandaran mengenai kesulitan merekrut anggota KPPS  akan kami tampung dan akan kami sampaikan ke KPU Kabupaten,”Kata Dindin. (Iwan)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: