» » Stok Ayam Untuk Ramadhan dan Lebaran Capai 89 Juta Ekor

SJO, BANDUNG- Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dody Firman Nugraha mengungkapkan, kebutuhan ayam pada ramadhan dan lebaran tahun ini mencapai sekitar 34 juta ekor. Sedangkan persediannya mencapai 89 juta ekor atau ada surplus 55 juta ekor.

“Kita pastikan persediaan daging ayam untuk Jawa Barat sangat aman. Kita tidak mungkin kekurangan daging ayam karena data ini muncul dari teman-teman di kabupaten dan perusahaan di beberapa daerah,”  kata Dody Firman Nugraha kepada wartawan, Senin (29/6).

Ketersediaan  ayam yang melebihi batas aman tersebut, menurut Dody, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap harga daging ayam di pasaran.

“Harga daging ayam diperkirakan akan stabil. Kalaupun ada kenaikkan masih dalam tahap kewajaran, seiring dengan budaya konsumsi masyarakat kita pada moment ramadhan dan lebaran,” katanya.

Saat ini, jelas Dody, harga daging ayam di pasar-pasar relatif wajar, yaitu antara Rp 30.000 sampai Rp 35.000 per kilogram.

“Mudah-mudahan tidak naik lagi. Kalau ada kenaikkan lagi sehingga melebihi Rp 35.000 per kilogram, mungkin itu karena ada hambatan di distribusinya. Oleh karena itu, untuk menjaga kestabilan harga daging ayam, kita akan menjaga pola distribusi ayam hidup, sehingga distribusinya tidak tersendat. Kita akan pantau terus pola distribusi tersebut,” katanya. (*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: